oleh

Partisipasi Pemilih di Kota Tangerang Meningkat 3 Persen

Kabar6-Angka Golongan Putih (Golput) pada Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif 2014 di Kota Tangerang mencapai 31 persen, dengan jumlah 389.428 suara dari total data pengguna hak suara sebanyak 1.273.144 orang.

“Data dari DPT, DPTB, DPK, DPKTB ada 1.273.144 orang, sementara total pemilih yang menggunakan kerta suara sebanyak 883.716 suara. Sehingga tingkat partisipasinya sekitar 69,4 persen, lebih tinggi dari angka golput,” ujar Ketua KPU Kota Tangerang Sanusi Pane, Selasa (22/4/2014).

Menurutnya, tingkat partisipasi pemilih tersebut meningkat 3 persen, dari pemilu legislatif 2009 yang hanya mencapai 66 persen. Dengan demikian, masyarakat masih peduli dengan pemilu dan masa depan pemerintahan Indonesia, khususnya Kota Tangerang, lima tahun ke depan.

“Berarti masyarakat tidak apriori, lebih sadar demokrasi,” tukasnya.

Pane juga menilai tingginya partisipasi di Kota Tangerang karena caleg perserta pemilu dipandang berkualitas oleh masyarakat. “Slogan sukses pemilu sukses kita bersama telah tercermin,” katanya.

Sementara itu, Kapala Divisi Program dan Data KPU Kota Tangerang Ahmad Syailendra mengatakan, saat ini pihaknya akan menyerahkan hasil rapat rekapitulasi perhitungan suara calon anggota DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kota Tangerang yang telah selesai pada Selasa (22/4/2014) kemarin, ke KPU Provinsi Banten untuk diplenokan kembali. **Baca juga: WH, Caleg DPR RI Peraih Suara Tertinggi di Kota Tangerang.

“Kita tinggal menunggu penetapan perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPRD Kabupaten/Kota pada 11-13 Mei dan pengumuman calon terpilih apda 12-18 Mei,” pungkasnya.(ges)

Berita Terbaru