oleh

Partai Berkarya Beri Sinyal Menjadi Oposisi Pemerintah

Kabar6-Sekretaris Jenderal Partai Berkarya Priyo Budi Santoso memberikan sinyal jika partai besutan Tommy Soeharto akan tetap menjadi partai oposisi dalam pemerintahan Joko Widodo-Ma’ruf Amin.

“Sebagai poros penyeimbang nantinya akan memberikan kritik dan sara yang kostruktif bagi pemerintahan Jokowi-Kyai Ma’ruf, selama menjadi pemimpin Indonesia,” ujarnya saat ditemui di Kota Cilegon, Banten, Minggu (7/7/2019).

Budi mengakui, dalam tubuh kaukus partai politik Koalisi Indonesia Makmur, masih terjadi perdebatan di internal masing-masing partai, apakah memilih bergabung ke pemerintahan atau berada dikubu oposisi.

Sikap resmi Partai Berkarya, kata Budi secara resmi akan diputuskan pada saatnya. “Karena akan mendengarkan suara-suara (pengurus) daerah.”

Namun, sebagai Sekjen Budi berkeinginan membuat poros penyeimbang yang nanti menjadi cikal bakal oposisi konstruktif, juga menjadi pilihan yang mulia.

Budi berharap eks partai koalisi Prabowo-Sandi mampu menjaga keseimbangan demokrasi dan pemerintahan. Salah satunya menjadi bagian dari kubu oposisi. “Jika tidak, maka akan banyak pendukungnya yang kecewa.”

**Baca juga: Baduy Badminton Open 2019 Diharapkan Beri Dampak Positif Pariwisata Lebak.

Karena, kata Budi, jika elit pol├Čtik berduyun-duyun bergabung dengan pemeritahan baru akan dan ada tangisan nasional nanti. “Dimana (ada) jutaan warga emak-emak dan masyarakat,” katanya.

Priyo tidak ingin masyarakat Indonesia menjadi apatis, jika kebanyakan para elit bergabung ke pemerintahan. Partai Berkarya besutan Tommy Soeharto ini memang belum menentukan sikap resminya. Namun kuat dugaan menjadi partai oposisi diluar parlemen. (Dhi)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru