oleh

Panjang Umur dengan Hindari Konsumsi Garam dan Gula Secara Berlebihan

Kabar6-Banyak orang mengalami penyakit degeneratif akibat gaya hidup yang tidak sehat, cenderung sering mengonsumsi makanan tinggi lemak dan tidak disertai dengan olahraga cukup

Penyakit degeneratif seperti hipertensi, stroke, jantung, dan yang disebut sebagai induk segala penyakit, diabetes, pun kerap timbul karena pola hidup tidak teratur tadi.

Kondisi ini, bertambah buruk dengan kebiasaan sebagian orang yang mengonsumsi gula berlebih dan makan terlalu banyak nasi. Padahal, konsumsi gula harian per orang adalah 50 gram atau setara empat sendok teh. Selain gula, hal yang juga perlu dibatasi adalah garam dengan konsumsi harian lima gram atau satu sendok teh per hari.

Mengonsumsi gula berlebih bisa menyebabkan masalah kesehatan seperti obesitas yang merupakan faktor risiko diabetes. Sementara itu, anjuran konsumsi gula harian per orang adalah 50 gram atau setara empat sendok teh.

Nah, bagaimana cara mengontrol gula? Melansir Okezone, salah satunya adalah mengendalikan kalori, Anda dapat menggunakan gula rendah kalori untuk makanan atau minuman manis. Atau ganti camilan kue dengan aneka buah. Ya, buah mengandung serat dan vitamin yang sangat baik untuk kesehatan. Jangan lupa cukupi kebutuhan tubuh dengan konsumsi air putih.

Sementara asupan garam juga harus dibatasi, karena berhubungan dengan tekanan darah. Garam bisa membuat ginjal terganggu dalam mengontrol tekanan darah. Di satu sisi, garam bisa membuat darah banyak mengandung air karena garam menyerap air.

Diketahui, rata-rata penduduk di Asia mengonsumsi garam lebih dari 12 gram. Sebesar 72-76 persen konsumsi garam orang Asia berasal dari penambahan garam saat memasak dan makan, seperti kecap dan saus.

Jadi cara lain untuk mengurangi asupan garam adalah tidak berlebihan konsumsi saus, kecap, atau sambal saat makan. Disarankan untuk lebih memperbanyak rempah-rempah. Atau menambahkan bawang putih serta jamur-jamuran yang bisa menambah rasa gurih.

Kurangi juga produk olahan atau siap saji. Konsumsi buah dan sayur yang akan menyeimbangkan zat natrium dalam darah. Pilih produk rendah garam, snack rendah garam, dan kecap rendah garam. ** Baca juga: Berbagai Zat yang Ditambahkan pada Makanan Bisa Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

Sedangkan anjuran konsumsi lemak harian adalah sebesar 67 gram atau lima sendok makan minyak. Meski lemak termasuk makronutrien dan dibutuhkan oleh tubuh, mengonsumsi lemak berlebih menyebabkan energi lebih tinggi dibanding nutrisi lain, berisiko obesitas dan penyakit kardiovaskular serta peningkatan kadar kolesterol jahat.

Cara mengontrolnya adalah pilih makanan yang tidak digoreng, misalkan yang dibakar atau dioven karena cenderung minyaknya lebih rendah.(ilj/bbs)

Berita Terbaru