oleh

Panitia Pilkades di Solear Melakukan Verifikasi Faktual Bakal Calon Kepala Desa

Kabar6-Panitia pelaksana pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kecamatan Solear Kabupaten Tangerang di antaranya Desa Pasanggrahan melakukan verifikasi faktual data bagi bakal Calon Kepala Desa (Bacalon) Kades yang akan ikut dalam pesta Pilkades serentak pada 4 Juli 2021 mendatang.

Ketua Panitia Pilkades Pasanggrahan Heri Irawan mengatakan, rapat koordinasi ini merupakan rapat koordinasi Pelaksanaan Verifikasi Faktual Berkas Bacalon Kepala Desa Pasanggrahan

Menurutnya ini merupakan tahapan selanjutnya untuk verifikasi data faktual bagi ke lima Bacalon Kades Pasanggrahan untuk memastikan kebenaran terhadap data atau berkas pengajuan yang sudah diajukan oleh lima Bacalon tersebut.

“Kita hanya menjalankan tugas sebagai panitia untuk melakukan verifikasi ulang data Bacalon yang sudah masuk, dan kami mengacu kepada Undang undang dan yang kita pakai adalah undang-undang nomor 16 tahun 2021,” ungkap Ketua Panitia Pilkades Pasanggrahan Heri Irawan, Rabu (21/4/2021).

Lanjut Heri Irawan, verifikasi yang sedikit memakan waktu adalah verifikasi latar belakang pendidikan bagi para Bacalon Kades, dimana kata Heri, ada dua Bacalon Kades yang berasal dari luar Provinsi yaitu dari Jawa dan Sumatera Selatan dan itu harus dilakukan di wilayah setempat.

“Verifikasi faktual latar belakang pendidikan bagi Bacalon Kades Pasanggrahan ini ada dua cara yang harus di tempuh yaitu dilakukan dengan cara virtual zoom dan cara kedua kita datangi langsung ke sekolah Bacalon Kades, kita panitia harus mendapatkan keterangan langsung pihak sekolah bahwa Bacalon Kades itu benar benar mengenyam pendidikan di sekolah itu dan itu wajib bagi panitia untuk verifikasi, karena sudah diamanatkan oleh undang-undang,” ucap Heri.

Sementara itu lima Bacalon Kades Pasanggrahan mengaku tidak ada kendala terkait verifikasi faktual tersebut dan akan mendukung langkah yang dilakukan oleh panitia Pilkades untuk melakukan verifikasi ulang.

“Saya siap mendukung, mengingat prosedur yang dilakukan oleh panitia sesuai dengan peraturan Bupati, semoga Pilkades Pasanggrahan berjalan dengan aman dan damai,” ujar Bacalon Kades Pasanggrahan Sutarlan yang didampingi oleh lima Bacalon lainnya.

**Baca juga: Sekda Tangerang Sambut Baik Berdirinya Koperasi Pewarta Berkah Sejahtera

Berikut lima orang Bacalon Kades Pasanggrahan yang siap meramaikan pesta demokrasi Pilkades serentak pada 4 Juli 2021 mendatang diantaranya, Madrais SE, Sutarlan, Sidik, Muhammad Nur dan Agus Setyantoro.(Han)

Berita Terbaru