oleh

Panggilan ‘Si Gendut’ Justru Bikin Berat Badan Anak Naik

Kabar6-Anda mungkin memiliki teman atau saudara yang sering dipanggil atau dijuluki oleh orang-orang sekitarnya sebagai ‘si gendut’. Meskipun terkesan lucu atau hanya sebagai panggilan sayang, menyebut anak si gendut ternyata bisa membuat berat badan mereka makin naik, lho.

Bagaimana hal ini bisa terjadi? Sebuah studi yang dilakukan pada Mei 2019, melansir hellosehat, melaporkan bahwa anak yang memiliki panggilan gendut, gemuk, dan sebagainya cenderung naik berat badannya dengan cepat beberapa tahun ke depan. Studi ini mengamati 110 anak-anak dan remaja yang memiliki berat badan berlebihan dan berisiko obesitas. Kemudian, para peneliti meminta anak tersebut untuk mengisi kuesioner seberapa sering mereka dipanggil gendut atau sebutan lainnya yang berkaitan dengan berat badan.

Hasilnya, anak yang kerap dipanggil dengan sebutan gemuk, gendut, atau ungkapan lain terkait berat badan mengalami 33 persen kenaikan berat badan ketimbang mereka yang tak memiliki sebutan terkait berat badan. Mereka juga diketahui memiliki kenaikan massa lemak sebesar 91 persen per tahun.

Meledek atau menyebut anak ‘gendut’, menurut kesimpulan peneliti, ternyata membuat mereka stres. Kondisi tersebut kemudian berpengaruh pada fisiologi tubuh, dan membuat anak melampiaskan perasaan kesal dan marah dengan mengonsumsi makanan yang tidak sehat.

Menyebut dan mengejek anak gendut, gemuk, atau yang berkaitan dengan berat badan lainnya terbukti membawa dampak buruk pada anak. Bukan hanya berat badannya yang terus naik, panggilan itu juga bisa mematikan kepercayaan diri anak.

Panggilan yang buruk bisa membuat anak merasa terisolasi, malu, dan sedih. Akibatnya, ia akan menarik diri dari kegiatan sekolah maupun lingkungan yang rentan menyebut mereka dengan panggilan yang tak disukainya.

Solusinya, dibutuhkan peran orangtua. Bila Anda mengalami kesulitan untuk menurunkan berat badan anak, jangan sungkan untuk konsultasi pada dokter atau ahli gizi anak. ** Baca juga: Jaga Fungsi Usus, Detoks dengan 5 Makanan Sehat

Jadi, setop memanggil atau memberi julukan pada anak ‘si gendut’ atau sejenisnya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru