Pangdam III Siliwangi Datangi Markas Polda Banten

Pangdam III Siliwangi, Mayjen Muhammad Herindra dan Wakapolda Banten Kombespol Tomex Kurniawan.(din)

Kabar-Panglima Kodam (Pangdam) III Siliwangi Mayjen Muhammad Herindra, mendatangi Markas Kepolisian Daerah (Mapolda) Banten, Kamis (9/11/2017).

Kedatangan Pangdam bersama rombongan yang disambut langsung oleh Wakapolda Banten Kombespol Tomex Kurniawan tersebut, guna berpamitan karena Pangdam akan melepas jabatannya dan menempati posisi baru di Markas Besar (Mabes) TNI.

Setibanya di lokasi sekira Pukul 09.00 WIB, pagi tadi, Pangdam langsung dibawa masuk kedalam ruangan Kapolda Banten, Brigjen Listyo Sigit Prabowo.

Tak lama kemudian, Wakapolda dan Pangdam keluar menuju halaman Mapolda Banten, guna memberikan sambutan kepada ribuan personel Polda Banten yang sudah berbaris dengan sikap siap menyambut Pangdam dan rombongannya.

Dalam sambutannya Wakapolda Banten Kombespol Tomex Kurniawan mengatakan, atas nama Kapolda Banten Brigjen Listyo Sigit Prabowo, pihaknya merasa bangga dan terhormat dengan kedatangan Pangdam Siliwangi ke Polda Banten ini.

Kehadiran Pangdam ini menjadi sebuah kenangan terindah bagi seluruh jajaran Polda Banten.

“Kami mengucapkan penghargaan dan terimakasih kepada Bapak Pangdam, karena dibawah kepemimpinannya kami dan jajaran terutama dengan Korem 064 Maulana Yusuf menunjukan sinergersitas, soliditas dan kekompakan yang sangat luar biasa,” ungkap Wakapolda Tomex, siang tadi.

Kehadiran Pangdam, baik secara personal maupun secara institusi, kata dia, membuat soliditas TNI dan Polri semakin kokoh dan bersinergi sesuai dengan tugas pokok masing- masing.

Disamping itu, dirinya juga menyampaikan ucapan terimakasih dan mendo’akan agar karir Pangdam kedepannya semakin meningkat lagi.

“Ini, menjadi kebanggaan bagi Polda Banten, meski Pangdam telah menduduki jabatan baru di Mabes TNI. Kenangan itu akan selalu kami rindukan dan kami mempersilahkan Pak Pangdam untuk selalu datang ke Polda Banten. Kami ucapkan terimakasih, dan selamat jalan, teriring do’a untuk bapak beserta ibu semoga karirnya semakin meningkat lagi,” tuturnya.

Diwaktu yang sama, Pangdam III Siliwangi Mayjen Muhammad Herindra menyatakan, pihaknya mengaku sangat bangga berada ditengah- tengah personel Polda Banten dan jajaran.

Dirinya, tak menyangka kedatangannya mendapat sambutan cukup luar biasa dengan suasana akrab dan penuh kehangatan.

“Intinya kedatangan saya ini hanya untuk berpamitan, karena sebentar lagi saya akan meninggalkan Pangdam III Siliwangi dan bertugas di Mabes TNI,” katanya.

Secara pribadi maupun institusi, lanjutnya, dia mengucapkan terimakasih kepada seluruh jajaran Polda Banten, karena selama ini telah menunjukan kerja yang sangat positif. Sinergitas TNI dan Polri di Banten dinilai sangat luar biasa. Ini, karena semuanya sangat memahami tugas pokok masing- masing.

“Selama tugas di Kodam Siliwangi, tidak ada insiden yang melibatkan anggota TNI dan Polri. Memang seharusnya seperti itu, antara TNI dan Polri harus bersinergi karena kedua institusi ini adalah saudara kembar yang tak dapat dipisahkan,” tegasnya.

Ditambahkannya, TNI dan Polri sejatinya adalah penjaga kedaulatan NKRI. Untuk itu, pihaknya menekankan kepada seluruh prajurit nya, agar saling hormat- menghormati antar sesama.

“Kalau ada anggota Polisi diolok- olok, kau jangan bangga, tetapi harus merasa bersedih.
Sebaliknya juga seperti itu, karena kita itu bersaudara. Kalau saya sakit, anda juga harus sakit. Kalau saya gembira anda juga gembria,” pintanya.

Masalah bangsa ini, imbuhnya, tidak selesai hanya oleh TNI saja atau sebaliknya. Sebagai aparat Negara harus selalu bersinergi.

TNI dan Polri, jangan mau diadu domba oleh kepentingan pihak lain. Cukup sudah, Belanda menjajah bangsa ini selama 350 tahun.**Baca juga: Pemkab Tangerang Sidak Pabrik Petasan dan Kembang Api di Pakuhaji.

“Kalau TNI dan Polri bersatu menjadi Kekuatan berlipat- berlipat. Kalau kita berseteru yang rugi kita semua. Saya mohon maaf yang sebesar- besarnya selama betugas disini. Mohon do’a restu ditempat baru semoga dapat melaksanakan tugas dengan baik. Sekali lagi, saya mohon diri,” tutupnya.(Tim K6)