oleh

Panasonic Ciptakan Wadah Bagi Generasi Muda Indonesia Untuk Berkarya di Industri Kreatif

Kabar6-Melalui Program “Panasonic Young Filmmaker 2015” kalangan muda berkesempatan menggarap film pendek bersama sineas terkemuka serta mendapatkan hadiah puluhan juta rupiah.

 

PT Panasonic Gobel Indonesia kembali menegaskan komitmennya terhadap pengembangan potensi dan bakat generasi muda Indonesia. Melalui program “Panasonic Young Filmmaker 2015”.

 

Ya, Panasonic menyediakan wadah bagi pelajar tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) yang memiliki ketertarikan di bidang perfilman untuk mempelajari pembuatan film pendek secara lebih mendalam.

 

“Melalui Program Panasonic Young Filmmaker 2015, kami ingin memberikan kesempatan kepada kalangan generasi muda, terutama bagi mereka yang memiliki minat dalam bidang perfilman, untuk mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang lebih mendalam mengenai proses pembuatan film berkualitas dan juga merupakan bagian dari komitmen Panasonic dalam mendukung industri kreatif di Indonesia,” jelas Viya Arsawireja, Corporate Communication Manager PT Panasonic Gobel Indonesia, saat menggelar sosialisasi Program Panasonic Young Filmmaker 2015, di Universitas Multimedia Nusantara Gading Serpong, Sabtu (3/10/2015).

 

“Kompetisi yang dibuka untuk tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) ini memberikan kesempatan kepada para siswa finalis untuk menggarap film pendek secara profesional yang akan dibimbing oleh praktisi profesional perfilman Indonesia. Tahun ini merupakan tahun pertama pelaksanaan program Panasonic Young Filmmaker 2015 dan masih terbatas untuk area Jabodetabek,” tambah Agung Ariefiandi, Manager Audio & Digital Imaging Product Marketing, PT Panasonic Gobel Indonesia sekaligus Project Manager Panasonic Young Filmmaker 2015.

 

Panasonic Young Filmmaker 2015 telah mulai disosialisasikan pada 16-29 September 2015 dan telah berhasil menarik antusiasme peserta yang berasal dari SMA se-Jabodetabek. Para peserta melakukan penyerahan video berdurasi 15 detik dengan cara mengunggah video karya mereka di media sosial.

 

Pemilihan finalis 10 besar dilaksanakan pada 30 September 2015. Peserta yang terpilih sebagai finalis 10 besar akan memperoleh kesempatan untuk mendapatkan pelatihan (bootcamp) yang menyeluruh terkait pembuatan film pendek.

 

Termasuk di dalamnya pelatihan terkait pengenalan film dan sejarahnya, tutorial penulisan skrip film, pengenalan berbagai perangkat film, serta pengarahan teknis pembuatan film dari kelompok kecil.

 

Setelah menyelesaikan rangkaian bootcamp, peserta akan diberikan waktu untuk memproduksi film pendek mereka sendiri. Karya-karya yang diproduksi selama bootcamp akan dinilai oleh para juri dan pengumuman pemenang dilakukan di ajang FILMARES yang akan diselenggarakan pada tanggal 17 Oktober 2015 pukul 19.00 WIB.

 

“Program ini ternyata juga menarik minat pelajar dari luar Jabodetabek terbukti dari video yang kami terima berasal dari berbagai daerah di luar Jakarta. Hal ini menguatkan Panasonic untuk melanjutkan program ini di tahun mendatang dan untuk kemudian dijadikan salah satu program tahunan yang dapat diikuti oleh seluruh pelajar di Indonesia,” tambah Agung.

 

Menurut Yuliandi Kusuma, Chief Editor Digital Camera Indonesia serta perwakilan dewan juri Panasonic Young Filmmakers 2015, saat ini sudah banyak media di mana generasi muda dapat berekspresi atas bermacam-macam jenis kreativitas.

 

“Namun, melalui program Panasonic Young Filmmaker 2015 ini, kami berkesempatan untuk menyaksikan secara langsung talenta-talenta baru yang bermunculan dengan ide kreatif mereka yang orisinil. Semakin banyak kegiatan seperti ini, maka bakat-bakat baru Indonesia di bidang perfilman akan semakin banyak yang bermunculan,” ujarnya.

 

Sejalan dengan perkembangan tersebut, komitmen Panasonic terhadap industri perfilman nasional juga semakin kuat dengan diperkenalkannya beberapa produk andalan yang mampu memenuhi kebutuhan insan perfilman Indonesia. Di antaranya kamera Panasonic Lumix dan Camcorder 4K yang mampu memenuhi kebutuhan pembuatan film dengan kualitas yang tidak kalah dari video kamera ukuran besar. ** Baca juga: Peduli Lingkungan Hidup Batan Gelar Seminar & Workshop Pengelolaan Limbah Radioaktif

 

“Panasonic telah berkontribusi di pasar elektronik Indonesia selama 55 tahun. Kami selalu mencoba untuk memberikan pilihan-pilihan terbaik bagi masyarakat Indonesia dengan mengembangkan produk-produk inovatif berteknologi tinggi yang mampu mengakomodasi kebutuhan konsumen yang senantiasa dinamis sesuai dengan perkembangan zaman,” tutup Agung Ariefiandi.(asri)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru