oleh

Pakar Sarankan Ritual Harian yang Bantu Minimalisir Stres

Kabar6-Setiap orang tentu tidak lepas dari berbagai masalah, yang salah satunya akan menimbulkan stres. Dan masing-masing orang pun memiliki cara tersendiri untuk mengendalikan stres yang mereka alami.

Nah, menurut Mariana M. Cooper dalam bukunya, ‘The Aha Factor: How to Use Your Intuition To Get What You Desire and Deserve’, melansir Womantalk, terdapat lima ritual harian yang bantu untuk meminimalisir stres. Ritual ini sangat mudah, singkat, dan bisa diterapkan setiap pagi. Apa sajakah itu?

1. Meditasi satu menit
Luangkan waktu sejenak untuk menutup mata dan bernapas dalam-dalam selama satu menit. Tenangkan pikiran Anda dan buang semua masalah sebentar. Biarkan diri mendengarkan suara intuisi Anda, yang akan membantu mengambil keputusan rumit dan membebankan pikiran.

2. Duduk & makan dengan tenang
Kebanyakan orang selalu berangkat kerja atau beraktivitas di pagi hari dengan terburu-buru, sehingga lupa makan dengan benar. Padahal dengan duduk tenang di meja makan dan menyantap sarapan dengan santai akan sangat membantu Anda mengatur pikiran dan mengurangi stres.

3. Jalan-jalan keluar rumah
Jalan-jalan keluar rumah tidak harus selalu ke mal atau pusat perbelanjaan, yang penting Anda jalan-jalan dan menghirup udara segar. Anda bisa pergi ke lapangan untuk olahraga, jalan-jalan ke taman untuk membaca buku, atau keliling komplek sambil mencari jajanan seru.

Bertemu dengan alam sambil melakukan kegiatan menyenangkan akan membuka dan menyegarkan pikiran Anda.

4. Menguji kreativitas
Sangat mudah untuk mengabaikan keinginan diri menjadi kreatif. Ketika Anda melibatkan aspek kreativitas, yang sangat kekanak-kanakan dalam diri, maka Anda akan membuka pintu untuk masuknya inspirasi, ide-ide segar, dan energi baru.

Coba ambil buku mewarnai untuk dewasa dan mulai mewarnai. Menggambar atau menjahit juga boleh, intinya kegiatan yang menantang kreativitas Anda.

5. Me time
Me time di sini maksudnya bukan belanja atau menonton drama favorit seharian, tetapi lebih kepada kegiatan yang menenangkan untuk diri sendiri. Contohnya dengan berendam air panas sambil menyalakan lilin aroma terapi, membaca buku sebelum tidur, atau segala hal yang bisa membuat Anda tenang serta membawa perubahan baik dalam keseharian. ** Baca juga: Cara Anda Kunyah Makanan Bisa Pengaruhi Kondisi Tubuh

Selamat mencoba.(ilj/bbs)

Berita Terbaru