oleh

Pakai Sarung Tangan Saat Belanja Tidak Terlalu Diperlukan?

Kabar6-Belakangan ini banyak orang berusaha melindungi diri mereka dengan menggunakan sarung tangan saat berbelanja, entah ke pasar atau supermarket.

Hal itu dimaksudkan agar terhindar dari penularan COVID-19 yang bisa menempel pada troli belanja, keranjang, dan sejumlah kemasan makanan.

Namun, benarkan memakai sarung tangan saat belanja memang diperlukan? Seorang dokter bedah bernama dr Karan Raj, melansir Wolipop, beralih ke TikTok untuk mengedukasi orang-orang mengenai COVID-19 yang masih jadi isu dunia. Berbeda dengan pendapat sebagian orang yang merasa sarung tangan bisa memberi perlindungan ekstra, Dr Raj justru sebaliknya. Ia menjelaskan mengapa Anda tak butuh sarung tangan untuk pergi berbelanja atau keluar rumah.

“Aku akan menjelaskan mengapa kamu tidak butuh pakai sarung tangan ketika keluar. Kamu pakai sarung tangan, kamu ada di supermarket, kamu menyentuh banyak hal,” kata dokter tersebut sambil menunjuk sarung tangan lateks biru yang digunakannya.

“Itu ada banyak kuman. Kamu terus memegang barang-barang lain sepanjang hari dengan sarung tangan yang sama. Kuman di mana-mana. Kamu mengumpulkan kuman. Sarung tanganmu sekarang penuh dengan kuman dari pada tanganmu ketika kamu sering mencucinya.

Kemudian dikatakan, “Dan ingat, dengan sarung tangan yang sama kamu akan menyentuh setir mobil, kamu mungkin tidak sengaja menyentuh tanganmu, mentransfer bakteri ke diri kamu sendiri. Dan ketika kamu mengganti sarung tangan, kamu mungkin akan menyentuhnya (dan terpapar bakteri atau virus). Jadi, cuci tangan saja, tetaplah masuk akal, tetaplah berjaga-jaga.”

Video dr. Raj tadi sudah dilihat lebih dari 400 ribu kali. Sementara itu menurut WHO, cara terbaik untuk mencegah penyebaran COVID-19 memang adalah dengan rutin mencuci tangan. Idealnya, bersihkan tangan dengan sabun dan air selama 20 detik lalu hindari memegang mata, hidung, dan mulut untuk mencegah virus masuk ke tubuh.

Sarung tangan jadi barang yang cukup langka, sehingga alat itu ternyata tak selalu dibutuhkan untuk Anda yang tidak bekerja di bidang kesehatan dan hanya sesekali berurusan dengan barang-barang.

Jika memang perlu dipakai, Dr Raj dalam video lain pun menunjukkan cara terbaik untuk membuka sarung tangan, yaitu dengan mencubit di bagian pergelangan tangan ketika ingin melepasnya. ** Baca juga: Agar Tidak Keracunan, Begini Cara Minum Vitamin yang Tepat

Sedangkan untuk tangan lainnya, masukkan jari ke dalam sarung tangan untuk menghindarinya terpapar kuman dan virus.(ilj/bbs)

Berita Terbaru