oleh

Pakai Sarung Tangan Saat Belanja Hanya Beri ‘Rasa Aman Palsu’ dari Penularan COVID-19?

Kabar6-Sudah menjadi kebiasaan sehari-hari sejak pandemi COVID-19, saat bepergian atau beraktivitas keluar rumah, maka Anda akan melakukan tindakan pencegahan seperti menggunakan masker, hand sanitizer, mencuci tangan, menyemprot cairan disinfektan, dan lain sebagainya.

Nah, ada satu hal pencegahan yang dilakukan sebagian orang, terutama saat belanja, yaitu memakai sarung tangan. Namun para ahli mengatakan, memakai sarung tangan saat berbelanja mungkin tidak akan menurunkan risiko penularan COVID-19.

Apa alasannya? Seorang dokter pengobatan keluarga di Providence Saint John’s Health Centern Santa Monica, California, melansir Popmama, mengatakan bahwa bagi kebanyakan orang tidak ada manfaat medis terkait COVID-19 untuk mengenakan sarung tangan saat berbelanja di swalayan. Dengan atau tanpa sarung tangan, jika kita menyentuh permukaan barang yang terkontaminasi virus, kemudian menyentuh anggota tubuh, maka sangat berpotensi tertulari.

Selain itu, sarung tangan memberikan ‘rasa aman palsu’ dan orang-orang tetap menyentuh segala sesuatu seperti wajah dan mulut mereka yang dapat tertulari virus. Bahkan mungkin mengalihkan perhatian dari pentingnya mencuci tangan.

Faktor lain yang berperan dalam tidak efektifnya sarung tangan sebagai tindakan perlindungan adalah kemungkinan adanya sobekan di sarung tangan. Penyebabnya bisa karena tidak benar saat memakai dan melepaskannya.

Virus COVID-19 dapat memasuki tubuh melalui selaput lendir, seperti pada hidung dan mulut. Virus ini tidak masuk ke tubuh melalui tangan, tetapi tangan dapat mengangkut partikel virus ke selaput lendir. Bahkan, ada kemungkinan virus dapat menempel pada lateks dalam sarung tangan lebih baik daripada menempel pada kulit Anda sendiri.

Seorang dokter spesialis penyakit menular bernama Patricia Dandache, MD., membagikan langkah-langkah berbelanja di swalayan tanpa memakai sarung tangan yang dapat meminimalisasi risiko penularan COVID-19.

Pertama, siapkan daftar belanja sehingga dapat membeli item yang diperlukan dengan mudah dan keluar swalayan dengan cepat. Demi keamanan, bersihkan tangan dengan hand sanitizer dan usap pegangan keranjang belanja dengan disinfektan saat baru masuk.

Selanjutnya, hindari menyentuh produk apa pun yang tidak ingin dibeli, termasuk jangan menyentuh wajah atau ponsel. Lakukan juga physical distancing dengan memberi jarak setidaknya enam kaki dari orang lain. ** Baca juga: Alasan Jatuh Cinta Bisa Bikin Berat Badan Naik

Lantas, batasi item atau permukaan yang perlu disentuh, misalnya tidak memegang buah atau makanan yang memang tidak dibeli . Pakai masker wajah dan jangan menyentuhnya sekali saja. Kemudian, bersihkan tangan saat sebelum naik kendaraan. Setelah kembali ke rumah dan menaruh barang belanjaan, cuci tangan dengan benar selama 20 detik serta bersihkan ponsel.

Memakai atau tidak memakai sarung tangan, kita masih berisiko tertulari COVID-19. Oleh karena itu, sebisa mungkin lakukan protokol kesehatan seperti di atas untuk mengurangi risikonya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru