oleh

Pakai Sandal Jepit Tidak Baik untuk Kesehatan?

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Sandal jepit sering digunakan sehari-hari, terutama ketika Anda tengah bersantai. Namun tahukah Anda jika memakai sandal jepit bisa membahayakan kesehatan?

Apa saja dampaknya bagi kesehatan? Dilansir Okezone dari laman Boldsky, berikut uraiannya:
1. Tumit sakit
Dimulai dari sakit pada pergelangan kaki, memakai sandal jepit selama satu hari penuh dapat mendatangkan malapetaka bagi kesehatan Anda. Hal ini dapat menyebabkan tumit sakit dan tendonitis.

2. Risiko tersandung
Tali pada sandal jepit bisa membuat Anda kurang seimbang ketika berjalan. Hal ini berarti ada risiko yang lebih tinggi untuk tersandung langsung melukai jari kaki daripada menggunakan alas kaki lainnya.

3. Kebiasaan yang buruk
Menggunakan sandal jepit membuat langkah Anda lebih lambat dan kaki mengambil langkah-langkah kecil. Hal ini adalah kebiasaan yang sangat buruk, karena dapat menyebabkan pinggul dan lutut sakit.

4. Membuat jari-jari kaki lecet
Memakai sandal jepit dapat menyebabkan lecet di antara sela jari-jari kaki Anda. Hal ini dapat menjadi luka yang berisiko terpapar bakteri dari udara terbuka.

5. Berdampak pada postur tubuh
Memakai sandal jepit tidak menopang tulang belakang, karena itu memengaruhi postur tubuh dan struktur tulang secara keseluruhan. Inilah sebabnya mengapa memakai sepatu flat juga dapat mengakibatkan sakit punggung. ** Baca juga: Berjalan Kaki Lebih Baik Ketimbang Berlari, Ini Alasannya

Bukan berarti tidak boleh, Anda disarankan untuk tidak terlalu sering memakai sandal jepit demi kesehatan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru