oleh

Pajak Daerah, Program Unggulan Pendapatan Sektor Pajak di Kabupaten Tangerang

Kabar6-Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kabupaten Tangerang mengakui, bila pajak daerah merupakan program unggulan dalam penerimaan pendapatan dari sekor pajak.

Kontribusi pajak daerah, bahkan dinilai cukup berpengaruh dan menjadi salah satu modal utama bagi keberlangsungan pembangunan di wilayah berjuluk seribu industri tersebut.

Demikian dikatakan Kepala Dispenda Kabupaten Tangerang, Maesal Rasyid, kepada Kabar6.com, Jumat (4/12/2015). “Tentunya, ketaatan wajib Pajak (WP) dalam menunaikan kewajibannya akan sangat mempengaruhi,” ujarnya.

Adapun pajak daerah dimaksud meliputi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), Pajak Restoran dan Hotel.

Sedianya, manfaat pajak daerah ini cukup tinggi. Dari pajak ini, pembangunan daerah dapat terlaksana dengan baik dan sesuai rencana.

“Hasilnya, bisa dilihat dari betonisasi jalan-jalan yang kini sedang dilaksanakan maupun yang sudah dilakukan di kabupaten Tangerang,” ujar Maesal Rasyid.

Dengan terlaksananya pembangunan daerah yang baik, maka diyakini akan dapat meningkatkan kualitas penduduk juga, baik dari sisi hidup layak maupun dari pemikiran.

Diketahui, pendapatan daerah dari pajak hotel tahun 2014 lalu mencapai Rp12 miliar dan pajak lainnya sebesar Rp14, 39 miliar atau over target sekitar 139 persen.

Dan, peningkatan signifikan juga diharapkan terjadi pada tahun ini. Itu semua, dipicu oleh penerapan sistem perpajakan yang digunakan Pemerintah Kabupaten Tangerang, seperti Self Assessment System (SAS).(ADV)

 

Berita Terbaru