oleh

Pahlawan Asal Tangerang Dikenang Jadi Nama Gedung di Puspemkot Tangsel

Kabar6-Pemerintah pusat telah menetapkan Raden Aria Wangsakara sebagai pahlawan. Sosoknya berencana dikenang dan sebagai bentuk penghormatan nama jalan di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) tapi gagal.

“Kalau nama jalan prosesnya panjang,” kata Wali Kota Tangsel, Benyamin Davnie, Senin (15/11/2021).

Menurutnya, pemerintah daerah mesti melakukan koordinasi dengan unit kerja terkait usulan penamaan jalan. Oleh karenanya ia telah menyampaikan kepada jajarannya untuk mencantumkan Raden Aria Wangsakara sebagai nama gedung.

Begitu juga nama-nama pahlawan asal Tangerang. Seperti, Aria Yudhanegara, dan Aria Jaya Santika. Sementara itu, satu nama tokoh lain adalah Aria Suta Diwangsa yang merupakan tokoh pejuang di wilayah perbatasan Tangerang, di Bogor.

Mereka pejuang-pejuang yang membentuk Tangsel dan Banten. Balaraja itu dari beliau-beliau juga, Tigaraksa juga, termasuk Tangsel cikal bakalnya dari Tangerang,” tambah Benyamin.

Benyamin menuturkan, alasan dirinya bakal menggunakan nama pahlawan Tangerang sebagai nama gedung di Pemkot Tangsel itu, agar lebih diketahui oleh masyarakat secara luas soal tokoh pahlawan di Tangerang.

“Dengan penamaan gedung itu mudah-mudahan pengenalan pahlawan lokal itu bisa diketahui banyak pihak. Sehingga banyak yang menyebutkan ‘Yuk rapat di gedung Aria Wangsakara aja’ kayak gitu. Jadi pengenalan nama pahlawan lebih luas dan dikenal ketokohannya. Akhirnya nanti orang pada nyari tahu siapa tokoh perjuangan ini,” jelas Benyamin.

**Baca juga: Warga Kecewa BPSK Tangsel Tiga Tahun Vakum

Meski begitu, Benyamin belum dapat memastikan rencana penamaan gedung di Pemkot Tangsel menggunakan nama pahlawan di Tangerang kapan dilaksanakan. Dirinya masih menunggu kesepekatan dengan para kepala dinas, serta pihak terkait.

“Tadi saya lemparkan ke temen-temen, kalau sudah setuju nanti secepatnya lah berharap ada kesepakatan dari teman-teman. Kalau sudah sepakat kita tinggal bikin nama,” ungkapnya.(yud)

Berita Terbaru