oleh

Pahami Seperti Apa Diet Matahari Itu?

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Pernahkah Anda mendengar sebuah diet yang tak begitu mempermasalahkan pola makan? Bahkan asupan makanan juga tak terlalu penting bagi orang yang mengikuti program diet ini?

Ya, diet ini disebut diet matahari. Dikutip dari Ledisia, para mengikut diet ini disebut dengan Breatharian. Apa dan bagaimana sih diet matahari ini?
 
1. Diet matahari ini lebih membutuhkan sinar matahari dan alam. Para Breatharian berharap bisa memiliki tubuh indah dengan cara mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup.

Konsep dasar diet matahari ini adalah mereka menerapkan prinsip Inedia (semacam berpuasa). Mereka mempercayai jika makanan dan air tak terlalu penting untuk kehidupan. Mereka lebih menekankan pada keseimbangan alam dan menganggap jika hidup manusia hanya membutuhkan udara, sinar matahari dan prana (kekuatan hidup).

Salah satu keuntungan dari diet ini adalah dapat menghindarkan stres sehingga mengurangi nafsu makan berlebih serta membantu membersihkan tubuh dari racun.

2. Para wanita Tiongkok dan Hongkong rata-rata menghabiskan waktu sekira 30 menit sebelum matahari terbit dan tenggelam. Ada juga yang berpendapat jika semakin lama mereka berjemur, maka mereka bisa melewatkan waktu makan. Intinya, diet ini membuat kita mengurangi intensitas makan karena berjemur atau bahkan tak makan sama sekali.

3. Di Swiss, seorang wanita berusia sekira 50 tahun yang mengaku sebagai Breatharian meninggal dunia. Dia mempraktikkan diet ini dengan panduan dari buku karya Ellen Greve yang juga seorang Breatharian asal Australia.

Rupanya, wanita asal Swiss ini adalah korban keempat dari diet ini, setelah sebelumnya telah ada korban dari Jerman, Inggris dan Australia. ** Baca juga: Ingat, Proses Penuaan Dipengaruhi Makanan yang Anda Konsumsi

Sebelum menjalankan diet, disarankan untuk mempelajari dulu diet yang akan kita pilih berdasarkan saran ahli. Jangan mudah terpengaruh dengan iming-iming turun berat badan cepat jika merasa diet itu terlalu ekstrem dan membahayakan diri sendiri.(ilj/bbs)

Berita Terbaru