oleh

Padepokan Dulur Salembur Gelar Pertunjukan Pencak Silat di Kawasan Wisata Pandeglang

Kabar6- Padepokan Dulur Salembur yang berada di bawah naungan Yayasan Hidayatul Anwar, melakukan gelaran pencak silat dan debus di kawasan wisata Carita, Pandeglang.

Pentas seni budaya yang bakal dilangsungkan selama satu bulan itu, untuk menumbuh kembangkan kembali seni budaya ibing silat serta menggairahkan semangat berkreasi para pelaku ibing silat tersebut.

Ketua Yayasan Hidayatul Anwar, Suhaeli mengungkapkan, gebyar pertunjukan seni budaya pencak silat yang digelarnya di kawasan sekitaran destinasi wisata sebagai pelestarian seni budaya lokal, dan juga untuk mendorong regenerasi putra – putri anak bangsa. Dengan harapan agar kesenian tradisional ini tetap lestari.

“Selain itu juga, untuk memberikan suport terhadap anak – anak muda, untuk terus melestarikan kesenian tradisional yang sekarang ini nyaris punah,” ungkapnya.

Melalui gelaran seni budaya tersebut, ia punya keinginan besar bahwa seni budaya pencak silat asal Pandeglang ini dapat dikenal ditingkat nasional hingga belahan dunia.

“Kami di bawah naungan Yayasan Hidayatul Anwar, punya 15 padepokan pencak silat. Kami punya harapan besar seni budaya ini terus berkembang, makanya melalui pertunjukan – pertunjukan ini lah upaya kami dalam melestarian seni budaya,” katanya.

Sementara, Sekjen Padepokan Dulur Salembur dari Yayasan Hidayatul Anwar, E Agus MK menuturkan, pertunjukan seni budaya ibing silat yang digelar di kawasan publik atau wilayah destinasi wisata, untuk dapat menggaungkan kembali ibing silat yang merupakan seni budaya lokal yang ada di Pandeglang.

Selain itu, dengan melakukan pertunjungan seni budaya di kawasan destinasi wisata, dengan harapan juga dapat mendongkrak angka kunjungan wisata. Sehingga seni budaya tetap lestari dan wisata bisa maju lagi.

“Tak hanya itu, gelaran ini juga guna menjaga ketahanan budaya para warga sekitar yang rutin setiap Minggu dengan menampilkan paguron-paguron pencak silat di bawah binaan Yayasan Hidayatul Anwar,” tuturnya.

**Baca juga: Capaian Vaksin Covid-19 di Pandeglang Sudah 23,5 Persen

Ditambahkannya, dalam kegiatan ini, sengaja pihaknya mengusung “Menumbuhkan Ketahanan Budaya pada Masyarakat Sekitar di Kawasan Wisata Pantai Carita Pandeglang” karena ingin menumbuhkan kembali semangat pelaku seni budaya yanhmg ada di wilayah tersebut.

“Di pilihanya lokasi pertunjukan seni budaya di kawasan wisata, supaya seni budayanya dikenal dan wisatanya maju,” tandasnya.(Aep)

Berita Terbaru