oleh

Pabrik Paku Bodong Dilaporkan ke Kantor Pajak

Kabar6-Tiga Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), berencana melaporkan PT Prima Metal Work (PMW), pabrik produsen paku bodong yang berlokasi di Kelurahan Bunder, Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang, ke kantor pajak setempat.

Hal itu, menyusul adanya dugaan penggelapan pajak yang dilakukan anak perusahaan PT Lautan Steel Indonesia, sejak 2011 silam.

Ketiga LSM yang tergabung dalam Gabungan Masyarakat Peduli Pembangunan Banten (GMP2B) ini diantaranya, LSM Sentra Informasi dan Kebijakan (Sibak), Masyarakat Pemantau Anggaran Negara (Mapan) dan Komunitas Masyarakat Pemberantas Korupsi (Kompek).

Koordinator GMP2B, Saepudin Juhri mengatakan, pihaknya bersama rekan penggiat LSM lainnya meminta penyidik pajak di KPP Pratama Tigaraksa dan Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Pajak Provinsi Banten, agar melakukan pemeriksaan ihwal dugaan penggelapan pajak di PT PMW.

Pasalnya, pabrik paku bodong yang memiliki karyawan sekitar 250 orang ini, disinyalir mengemplang miliaran rupiah uang pajak selama menjalankan aktivitas produksi sejak 2011-2014.

“Senin, (10/3/2014) esok, kami akan layangkan surat permohonan atas dugaan penggelapan pajak di PT PMW ke kantor pajak. Kami, minta penyidik pajak agar memeriksa Bos perusahaan itu,” ungkap Juhri, yang juga Ketua LSM Mapan, kepada Kabar6.com, Jum’at (7/3/2014).

Menurutnya, laporan yang sama telah dilayangkan lembaganya ke Kejaksaan Negeri Tigaraksa, pada Rabu (5/3/2014).

Namun, karena kewenangan penyidikan terkait masalah pajak berada di penyidik pajak, maka dia beserta rekannya mengadukan persoalan itu ke kantor pajak. **Baca juga: Masih Sore, 9 Pasangan Mesum Dijaring Satpol PP.

“Laporan awal sudah sudah kami masukkan ke kejaksaan. Sekarang, kami bikin laporan baru lagi untuk kantor pajak. Ini, dilakukan supaya permasalahannya tuntas,” katanya.(ompu/agm/din)

Berita Terbaru