oleh

Otak Sehat dengan Olahraga Sederhana

Kabar6-Olahraga biasanya dikaitkan dengan kesehatan organ dalam maupun anggota tubuh atau lebih pada manfaat fisik. Rupanya, para ilmuwan juga tertarik mengetahui apakah aktivitas fisik secara teratur bisa mengubah otak secara mendasar, terutama menyangkut penyakit dan penuaan.

Penelitian terbaru pada tikus yang diterbitkan dalam jurnal Nature Medicine menemukan, hormon yang dilepaskan saat berolahraga bisa meningkatkan kesehatan otak secara keseluruhan dan mengurangi kerusakan dan kehilangan memori yang terkait dengan demensia.

Penelitian itu juga menyarankan empat olahraga praktis untuk menjaga kesehatan otak. Melansir beberapa sumber, ini dia olah raga yang bantu otak sehat:

1. Lari
Rutin berlari secara positif mempengaruhi kesehatan dan fungsi sinapsis antara neuron di hippocampus serta meningkatkan komunikasi antara sel-sel otak di daerah tersebut. Hippocampus merupakan bagian otak yang didedikasikan untuk menyimpan ingatan dan membentuk sel-sel otak yang baru.

2. Aerobik
Olahraga aerobik bisa membantu memori dan mempengaruhi emosional. Dalam studi eksperimental pada 28 siswa muda dan sehat yang rutin aerobik dan yang tidak berolahraga. Kelompok siswa yang rutin aerobik memiliki peningkatan yang signifikan dalam kinerja memori spasial, perasaan dan emosi positif. Ini tidak terjadi pada kelompok yang tidak berolahraga.

3. Bersepeda
Sebuah penelitian menemukan, aliran darah ke otak meningkat pada subyek yang berolahraga dengan sepeda statis. Peningkatan aliran darah dikaitkan dengan mekanisme yang bertanggung jawab untuk pertumbuhan sel dan peningkatan fungsi otak.

4. Yoga yang berbasis pada latihan pernapasan
Sebuah penelitian percontohan pada 2018 menyelidiki efek dari gerakan dan latihan yoga yang fokus pada pernapasan. Penelitian ini menemukan bahwa peserta dari kedua praktik olahraga itu menunjukkan pengurangan stres yang dirasakan. ** Baca juga: Jangan Remehkan, Polusi Udara Juga Pengaruhi Kebahagiaan

Yuk, pilih salah satu dari keempat olahraga di atas agar kesehatan otak selalu terjaga.(ilj/bbs)

Berita Terbaru