oleh

Orangtua Resah, SMAN 2 Tangsel Diduga Pungut “Uang Pangkal” Rp. 5 Juta

Kabar6-Orangtua yang mendaftarkan anaknya sebagai siswa di SMAN 2 Kota Tangerang Selatan (Tangsel) resah. Pasalnya, pihak sekolah diduga mengeluarkan kebiajkan uang pangkal (uang bangunan) sebesar Rp. 5 juta terhadap siswa baru.

Namun demikian, penerapan kebijakan tersebut tidak dilakukan secara serta-merta oleh pihak sekolah. Karena, tiap siswa bisa membayar uang pangkal dimaksud dengan cara mencicil selama 6 bulan.

Ya, adanya kebijakan uang pangkal itu diungkap oleh sejumlah orangtua murid kelas 10 di SMAN 2 Tangsel. Umumnya, para orangtua merasa keberatan atas kebijakan uang pangkal sebesar Rp. 5 juta tersebut.

“Bukan cuma uang pangkal, pihak sekolah juga mewajibkan para siswa untuk membayar uang buku, seragam dan lain-lainnya dengan nominal mencapai Rp 1,130.000,” ujar Ria (40), salah satu orangtua yang mendaftarkan anaknya ke SMAN 2 Kota Tangsel, Senin (22/7/2013).

Meski demikian, Ria mengakui bahwa penetapan besaran uang pangkal diambil dalam rapat yang digelar bersama orangtua siswa. Tapi hal yang membuat Ria risih adalah, peruntukan uang tersebut yang tidak jelas.

“Ini bukan soal besarannya. Tapi peruntukannya yang tidak jelas. Sampai saat ini, kami masih belum jelas, untuk apa uang pangkal tersebut. Untuk siswa, sekolah atau guru,” ujar Ria penasaran.

Hal senada diungkap siswa asal SMP 4 Tangsel yang juga mendaftar ke SMAN2 Tangsel. Selain uang pangkal dan uang buku, masih ada juga uang bulanan yang harus dibayar Rp. 500 ribu.

“Yang saya tau dari orangtua saya, total pembayaran mencapai Rp 6.130.000 dan uang bulanan sebesar Rp 500 ribu perbulan,” ujar siswa yang enggan disebutkan namanya itu lagi.(turnya)

Berita Terbaru