oleh

Oops…4 dari 10 Wanita Tidak Siap Saat Lepas Keperawanan

Kabar6-Bagi banyak wanita, keperawanan menjadi sesuatu yang sepatutnya dijaga hingga nanti menikah. Namun tidak sedikit juga dari mereka yang kehilangan keperawanan dengan berbagai sebab dan alasan.

Kebiasaan dan gaya hidup orang Barat dituduh sebagai penyebab banyak wanita kehilangan keperawanan di usia remaja. Hasil studi dari Durex’s Face of Global Sex pada 2017, mengungkapkan bahwa orang Amerika melepas keperawanannya pada usia 18, Belanda (18,1 tahun), Inggris (18,3), Prancis (18,5), Italia (18,9), bahkan Finlandia (16,5 tahun), Norwegia (16,5), Swedia (16,2), Denmark (16,1), serta Islandia (15,6).

Menurut studi dari BMJ Sexual & Reproductive Health, melansir womantalk, empat dari 10 wanita merasa saat mereka melepas keperawanan bukan waktu yang tepat. Bahkan, seperempat pria yang disurvei merasakan hal yang sama. Kesimpulan ini didapat setelah para pakar mewawancara 2.845 orang Inggris usia 17-24 tahun. Mereka ditanya apakah kedua pihak sama-sama bersedia melakukannya, apakah masing-masing berpikir bahwa keputusan tersebut adalah keputusannya sendiri atau keputusan pasangannya, apakah mereka menggunakan alat kontrasepsi, dan apakah mereka menganggap saat itu merupakan waktu yang tepat (waktu yang tepat adalah disepakati kedua belah pihak, menggunakan alat kontrasepsi, merupakan keputusan pribadi, dan apakah kedua pihak sudah merasa siap).

Hasilnya, 40 persen perempuan tidak memenuhi empat kriteria tersebut, yang artinya mereka tidak ‘siap’ untuk berhubungan seks untuk pertama kalinya. Sebanyak 10 persen responden tidak menggunakan kontrasepsi ketika berhubungan intim untuk pertama kali, dan 20 persen wanita mengaku melakukan hubungan seks tersebut karena keputusan pasangannya. ** Baca juga: Keramas Pakai Air Hangat Setelah Kehujanan Hindari Pusing?

“Usia kronologis mungkin indikator intercourse pertama yang tidak terlalu sederhana,” jelas para ahli yang terlibat dalam studi tersebut. Itu artinya, usia seseorang tidak menentukan apakah Anda siap berhubungan seks. Ada banyak faktor penting lain yang bisa jadi pertimbangan kapan harus melepas keperawanan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru