oleh

Ooow…Ternyata Beda Warna Pisang, Beda Pula Khasiatnya

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Nyaris sebagian besar orang gemar mengonsumsi pisang. Ya, selain mudah didapat, harga pisang pun terbilang tidak mahal. Nutrisi yang terkandung dalam pisang pun dibutuhkan untuk kesehatan tubuh.

Di pasaran seringkali terlihat kulit pisang yang berbeda warnanya. Namun tahukan Abda bahwa warna kulit pisang ternyata mampu memberikan manfaat kesehatan yang berbeda pula bagi tubuh?

Diketahui, perubahan warna kulit dan tingkat kematangan pisang bisa memberikan nutrisi yang berbeda-beda. Apa sajakah khasiat yang diperoleh dari kulit pisang berbeda? Dikutip Dokter Sehat, berikut uraiannya:

1. Warna kulit yang masih kehijauan
Menandakan bahwa buah ini masih belum benar-benar matang. Menurut pakar kesehatan, pisang dengan jenis ini sangatlah cocok untuk dikonsumsi oleh para penderita diabetes, mengingat kandungan gula di dalamnya cenderung lebih sedikit dibandingkan pisang yang sudah matang atau yang ditandai dengan warna kulit yang kekuningan.

Warna kehijauan ini juga memiliki kandungan serat yang lebih tinggi serta memiliki sifat pati resisten, sehingga tidak akan mengganggu kadar insulin pada tubuh. Pisang ini pun cukup aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes tipe 2.

2. Warna kulit kuning segar
Pisang dengan warna kulit kuning segar ini cocok untuk dikonsumsi mereka yang sedang menjalani program diet. Pisang ini memiliki nutrisi dengan kadar yang berimbang, di mana kandungan gulanya tidak terlalu banyak namun masih memiliki kandungan serat yang sangat tinggi.

3. Warna kulit kuning & kehitaman
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh pakar kesehatan dari Teikyo University di Jepang mengungkapkan fakta, pisang dengan warna kulit kuning dan kehitaman adalah pisang yang sudah sangat matang dan memiliki rasa yang sangat manis.

Pisang ini juga memiliki kandungan protein yang sangat baik dalam mencegah TNF (tumor necrosis factor), faktor yang menyebabkan tumor dan kanker, serta berbagai penyakit onkologi lainnya. ** Baca juga: Bahayakan Kesehatan, Jangan Biasakan Buang Air Kecil Di Kolam Saat Berenang

Jadi warna kulit pisang mana yang menjadi pilihan Anda? (ilj/bbs)

Berita Terbaru