oleh

Ongkos Transportasi Domestik Haji Asal Tangsel Digratiskan

Kabar6-Ratusan calon jamaah haji asal Kota Tangerang Selatan (Tangsel) kiranya tidak perlu lagi merogoh kocek transportasi untuk menuju Bandara Soekarno-Hatta dari Pondok Gede, Jakarta.

Alasannya, pemerintah daerah setempat telah menyiapkan sarana transportasi yang memadai secara gratis.

Demikian disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tangsel, Agus Salim di Serpong, Rabu (20/8/2013). “Layanan transportasi gratis ini sudah dialokasikan melalui APBD 2013,” terang Agus.

Menurut Agus, selama ini layanan transportasi masing-masing calon jamaah haji yang menuju bandara dari embarkasi dikenakan biaya.

Tapi pada musim haji 2013 ini pemerintah daerah telah siap memberikan bantuan layanan transportasi gratis.

Bantuan biaya transportasi domestik para calhaj tersebut sebagai bentuk dukungan pemerintah daerah dalam pelayanan ibadah haji di daerah ini.

“Kalau anggaran untuk biaya transportasi yang ditanggung Pemkot saya lupa,” ujarnya.

Saat ini, kata dia, sejumlah instansi terkait dengan keberangkatan calhaj ke Tanah Suci sudah disiapkan, seperti asrama haji, bea cukai, keimigrasian dan kelengkapan lainnya.

Untuk Calhaj asal Kota dengan tujuh kecamatan ini Tangsel sebanyak 948 yang dibagi dengan dua kloter.

“Untuk Tangsel mendapatkan kloter 4 nasional sebanyak 450 yang diberangkatkan pada 11 September. Kloter pertama untuk provinsi Banten. Sedangkan, kloter berikutnya diberangkatkan pada 1 oktober,” ujarnya.  

Menurutnya untuk satu kloter bakal didampingi lima pendamping. Yakni, satu dokter umum, dua tenaga medis/perawat, ketua kloter dan ketua rombongan dari Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (BPIH).

“60 persen calon haji didominasi berusia 60 tahun keatas. Memang usia ini diprioritaskan,” terangnya.(yud)

Berita Terbaru