Olahraga Terlampau Berat Tidak Baik untuk Pencernaan

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Rutin berolahraga memang sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan. Namun jika Anda melakukan olahraga terlalu berat atau berlebihan dalam waktu yang terlalu lama, dampaknya bisa buruk terhadap sistem pencernaan, lho.

Sebuah penelitian mengungkapkan, olahraga intens dengan jangka waktu lebih dari dua jam dapat berdampak negatif terhadap sistem pencernaan. Dilansir Hellosehat, tim peneliti olahraga dari Australia menjelaskan, olahraga berlebihan dapat merusak sel-sel di usus, sehingga menyebabkan gangguan pencernaan baik jangka pendek dan jangka panjang.

Efek negatif tersebut, menurut penelitian, dapat diperparah dengan berolahraga atau berlari pada suhu tinggi. Dijelaskan, berolahraga berat atau lama mengakibatkan terjadinya kerusakan pada sel-sel usus. Kerusakan ini bisa menyebabkan ‘kebocoran’ pada usus, yang membuat bakteri dan toksin dari usus akan berpindah ke aliran darah, sehingga dapat memicu gangguan.

Selain itu, olahraga berlebihan juga dapat menyebabkan lambatnya pengosongan lambung, serta gangguan penyerapan pada usus kecil. Berlari dan berolahraga dalam suhu yang panas akan memperparah kondisi tersebut.

Efek yang terjadi pada sistem pencernaan di atas umumnya terjadi olahraga dengan 60 persen kadar oksigen maksimum (VO2max) yang berlangsung terus menerus selama dua jam, dalam kondisi fisik apapun. Karena itulah ada baiknya untuk menghindari olahraga dengan intensitas terlalu berat ataupun dalam jangka waktu terlalu panjang.

Selain itu pada pasien-pasien yang mengidap gangguan pencernaan, ada baiknya untuk menghindari olahraga terlalu berat atau dengan jangka waktu terlalu lama, karena dapat memperparah penyakit yang derita. Meskipun demikian, dikatakan peneliti bahwa olahraga dengan intensitas ringan sampai sedang dapat bermanfaat bagi orang yang memiliki gangguan sistem pencernaan.

Olahraga yang cukup umum memicu gangguan pencernaan antara lain termasuk lari marathon dan triathlon, di mana banyak pelakunya yang mengalami gangguan pencernaan seperti mual, muntah, kram perut dan buang angin. ** Baca juga: Kebiasaan Sehari-hari yang Bikin Ginjal Tidak Sehat

Jadi bagi Anda yang sudah memiliki gangguan pencernaan, sebaiknya menghindari jenis olahraga tersebut agar tidak terjadi gangguan lebih lanjut. Atau, konsultasikan dahulu kepada dokter sebelum memutuskan ikut marathon.(ilj/bbs)