oleh

Olahraga Saat Cuaca Dingin Juga Berikan Manfaat Tak Terduga

Kabar6-Biasanya orang akan bermalas-malasan saat cuaca dingin, dan lebih memilih menunda sejumlah aktivitas harian, termasuk berolahraga. Padahal, ketika cuaca dingin, kita justru sangat perlu berolahraga.

Mengapa demikian? Otot dan sendi bisa terasa lebih kencang ketika cuaca dingin, sehingga olahraga menjadi suatu kebutuhan. Melansir beberapa sumber, berikut sejumlah manfaat saat Anda berolahraga dalam cuaca dingin:

1. Lebih banyak kalori yang terbakar
Cuaca dingin tubuh butuh usaha ekstra untuk meningkatkan suhu inti, sehingga kalori yang diperlukan akan bertambah. Jadi kita bisa membakar lebih banyak kalori saat berolahraga di cuaca dingin. Namun pembakaran kalori bisa berbeda pada tiap orang, tergantung dari massa tubuh orang tersebut dan temperatur cuaca dinginnya.

2. Perkuat jantung
Cuaca dingin bisa membuat jantung harus bekerja lebih keras untuk menyalurkan darah ke seluruh tubuh. Jadi perkuat kinerja jantung dengan melakukan olahraga. Diketahui, olahraga kardio teratur bisa membuat otot-otot jantung lebih kuat.

3. Kekebalan tubuh meningkat
Harvard Medical School menyebutkan, olahraga bisa jadi salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Terlebih saat orang di dekat kita sakit flu atau pilek, maka kita akan rentan tertular.

4. Cegah kenaikan berat badan
Makan atau mengemil menjadi aktivitas yang paling banyak dilakukan orang saat hujan sepanjang hari atau cuaca dingin. Hal ini tentu saja menyebabkan berat badan bertambah. Karena itulah, olahraga penting untuk mempertahankan berat badan ideal.

5. Minimalisir stres
Biasanya cuaca dingin akan membuat suasana hati galau atau jadi stres. Nah, berolahraga saat cuaca dingin bakal membuat tubuh bekerja lebih ekstra keras agar hangat. Hal ini bisa mempengaruhi peningkatan produksi endorfin, sehingga suasana hati bisa lebih baik. Stres berkurang dan hati jadi terasa lebih bahagia. ** Baca juga: Ahli Kesehatan Sarankan 7 Cara Atasi Insomnia

Jangan lupa lakukan pemanasan dulu sebelum olahraga agar terhindar dari risiko cedera.(ilj/bbs)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru