oleh

Olahraga Lari Saat Hujan Lebih Banyak Bakar Kalori

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Hujan sering menjadi penghalang orang untuk melakukan kegiatan olahraga lari pagi. Apakah ini berarti Anda harus menunda keinginan berolahraga hingga hujan reda?
Sebuah penelitian di Jepang menyarankan agar Anda tetap berlari pagi di saat hujan, karena justru akan mampu membakar kalori lebih banyak.

Penelitian yang dimuat dalam International Journal of Sports Medicine, dikutip Esquire, melibatkan tujuh relawan pria yang ditempatkan pada porsi latihan kardio dasar dengan rotasi replika cuaca, mulai dari panas, berangin, hingga hujan.

Ketujuh relawan tersebut berlari selama 30 menit untuk dua repetisi, masing-masing dalami kondisi hujan dan kondisi kering. Relawan diukur hela napas, suhu kulit, konsumsi hirup oksigen, tarikan otot, dan tingkat stres.

Dalam kondisi hujan, seluruh relawan cenderung berlari lebih kencang namun dengan suhu kulit lebih rendah. Diungkapkan, berlari dalam kondisi hujan membuat mereka mampu membakar kalori lebih besar dan membantu melancarkan proses pembuangan dalam tubuh. ** Baca juga: Bagaimana Sebaiknya Mengonsumsi Buah-buahan?

Hasil tersebut mengindikasikan bahwa berlari di saat hujan berpotensi meningkatkan pembakaran lemak lebih optimal. Sama halnya ketika berenang, semakin cepat gerak yang dilakukan dalam kolam renang, semakin besar pula kalori yang terbakar.(ilj/bbs)

Berita Terbaru