oleh

Okonomiyaki, Nama Makanan Paling Membingungkan

Okonomiyaki.(bbs)
Okonomiyaki.(bbs)

Kabar6-Dalam bahasa Jepang, okonomi berarti “suka-suka” (yang disuka, yang diinginkan) dan yaki berarti “panggang” (istilah “goreng” hanya digunakan di Jepang bila makanan digoreng dengan minyak yang sangat banyak). Sesuai dengan namanya, lapisan atas (topping) okonomiyaki bisa disesuaikan dengan selera orang yang mau memakan.

Nah, sebuah survei yang dirilis Harris Poll untuk situs reservasi restoran OpenTable, dikutip dari Republika, menunjukkan bahwa Okonomiyaki menempati urutan paling atas nama makanan yang paling membingungkan.

Survei tersebut melibatkan 2.035 pengunjung Amerika Serikat secara daring.

Satu dari lima pengunjung mengatakan tidak akan memesan sesuatu yang mereka tidak mengerti di dalam daftar menu. Memesan makanan asing justru akan memberikan kesan buruk bagi pengalaman berkuliner mereka.

Caroline Potter, kepala OpenTable, mengatakan bahwa okonomiyaki telah membuat bingung 69 persen pengunjung berusia di atas 18 tahun. Meski demikian, dua pertiganya tidak malu untuk bertanya kepada petugas restoran mengenai makanan tersebut.

Beberapa pecinta kuliner memang telah mengenal sejumlah istilah makanan-makanan Jepang seperti gochujang, piri piri, yuzu, dan bibimbab. Namun yang menarik adalah mereka selalu bingung dengan nama okonomiyaki.

“Meski bingung dengan namanya, bukan berarti bahan-bahan pembuat okonomiyaki juga membingungkan. Semua orang tahu wortel, tapi tidak menyadari bahan makanan itu ada di dalam okonomiyaki,” jelasnya. ** Baca juga: Tujuh Festival Tidak Biasa yang Ada di India

Ditambahkan Potter, hal tersebut tidak membuat koki-koki di Amerika Serikat berhenti mengenalkan makanan-makanan dari berbagai belahan dunia. Sejumlah koki bahkan melakukan perjalanan keliling dunia untuk menambah insiprasi untuk memasak.(ilj/bbs)

Berita Terbaru