oleh

Oknum Pejabat Aljazair Dihukum 3 Tahun Penjara Karena Bantu Anaknya Sontek Ujian Matematika

Kabar6-Seorang anggota dewan di Aljazair bernama Abdenacer Ardjoun harus menjalani hukuman penjara tiga tahun karena berusaha membantu putrinya menyontek pada ujian matematika di sekolah.

Tidak hanya Ardjoun, melansir Thenews, seorang pejabat kepolisian setempat, seorang kepala sekolah, dan satu terdakwa lainnya juga dijatuhi hukuman yang sama dalam putusan tersebut. Namun tidak disebutkan secara perinci nama maupun posisi atau jabatan tiga terdakwa lainnya.

Ardjoun sendiri ditahan sejak awal bulan ini karena terbukti berusaha menyelundupkan sebuah amplop untuk putrinya yang berisi jawaban ujian matematika. ** Baca juga: Sebuah Kota di Thailand Diserbu Ribuan Monyet yang Kecanduan Makanan Manis

Diketahui, Ardjoun berasal dari Front Pembebasan Nasional (FLN), partai yang berkuasa Aljazair. Saat kejadian itu, Ardjoun rupanya salah perhitungan, begitu pula dengan polisi setempat yang disewa untuk mengirimkan amplop itu ke sekolah. Pengawas ujian melaporkan mereka berdua, Ardjoun dan polisi itu pun dikenakan pasal ‘penyalahgunaan jabatan’.

Pengadilan di el-Oued, sebuah kota yang berjarak sekira 650 km sebelah tenggara Ibu Kota Aljir, menetapkan Ardjoun dan tiga terdakwa lainnya bersalah.

Menurut hukum Aljazair, kekebalan anggota parlemen hanya berlaku untuk kegiatan yang berkaitan dengan pekerjaan mereka. Sementara, untuk pelaku penyalahgunaan jabatan, kekebalan semacam itu tak berlaku.(ilj/bbs)