Obati Epilepsi, Sebagian Otak Bocah Ini Harus Dibuang

kabar6.com
Otak sebelum & sesudah diambil.(The Sun)

Kabar6-Di usianya yang masih sangat muda, seorang bocah yang disebut berinisial UD (7) harus menjalani operasi untuk membuang sebagian otaknya demi mengobati epilepsi yang dideritanya.

Hal yang luar biasa, seperti dilansir The Sun, UD masih bisa hidup normal dengan sebagian otak yang tersisa. Bagian otak UD yang dibuang adalah di sisi kanan, bagian yang bertanggung jawab dalam hal kreativitas, imajinasi, dan kemampuan visual. Dengan membuang otak ini, diharapkan UD tak lagi mengalami kejang-kejang yang sangat menyiksanya akibat epilepsi parah.

Diketahui, sebelumnya UD telah berkali-kali menjalani perawatan untuk mengatasi epilepsi yang dideritanya sejak berusia empat tahun. Namun berbagai terapi yang dilakukan tidak juga memberikan hasil yang positif. Hingga akhirnya UD menjalani operasi bernama lobectomy demi mengatasi penyakit tersebut setelah berkonsultasi dengan dokter.

Setelah sebagian otaknya dibuang, UD kehilangan sebagian penglihatannya. Beruntung, otak bagian kirinya mulai berusaha untuk menyeimbangkan fungsi otaknya lagi sehingga kini ia kembali bisa mengenali wajah dan berbagai objek lainnya. ** Baca juga: Tidak Temukan Ahli Anestesi, Seorang Dokter di California Lakukan Operasi Caesar Tanpa Obat Bius

Menurut para peneliti dari Carnegie Mellon University, Amerika Serikat, otak milik UD ternyata bisa beradaptasi dengan hilangnya salah satu bagian pusat penglihatannya. Dijelaskan, pada otak terdapat dua pusat penglihatan yang terdapat di masing-masing sisi otak. ** Baca juga: Europixpro Door, Produk Anak Negeri Berkualitas Dunia

Selama tiga tahun perkembangan UD dipantau. Hasilnya, UD ternyata bisa kembali mendapatkan persepsi visual serta kemampuan pengenalan objek dan wajah sebagaimana anak-anak pada umumnya. Masalah utama yang dialami UD adalah tidak mampu melihat pandangan dengan luas sebagaimana pandangan yang normal.(ilj/bbs)