oleh

Negara Mana Saja yang Jadi Penghasil Kurma Terbesar di Dunia?

Kabar6-Kurma telah menjadi makanan pokok di Timur Tengah selama ribuan tahun lamanya. Pohon Kurma diyakini berasal dari sekitar Teluk Persia dan telah dibudidayakan sejak zaman kuno dari Mesopotamia ke prasejarah Mesir, kemungkinan pada awal 4000 SM.

Buah dengan rasa manis legit ini sangat dicari-cari terutama saat bulan puasa, dan banyak ditemui di pasar hingga swalayan di berbagai negara. Namun, tahukah Anda, negara mana saja yang merupakan penghasil kurma terbesar di dunia? Melansir Detikfood, ini lima negara penghasil kurma terbesar di dunia:

1. Mesir
Mesir berada di urutan paling atas sebagai negara penghasil kurma terbesar di dunia. Dalam satu tahun, Mesir dapat menghasilkan kurma sebanyak 1,37 juta ton. Bahkan sebanyak 17 persen produksi kurma di dunia dihasilkan dari Mesir.

Kurma hasil produksi negara Mesir itu kemudian di ekspor ke beberapa negara. Antara lain ke Maroko sebanyak 53 persen, ke Indonesia sebesar 24 persen, dan ke Malaysia sebesar 15 persen.
Berbagai jenis kurma yang dihasilkan Mesir seperti Elwaha, Golden Vale, Al-Amar, dan Rabbe.

2. Saudi Arabia
Di posisi ke-dua ada Saudi Arabia sebagai sebagai penghasil kurma terbesar di dunia setelah Mesir. Klaim itu didukung dengan jumlah kurma yang dihasilkan dalam setahun, yaitu sekira 1,22 juta ton.

Beberapa negara yang jadi tujuan ekspor kurma oleh Saudia Arabia adalah Kuwait, Yordania, hingga Yaman. Saudi Arabia sendiri memiliki berbagai jenis kurma antara lain seperti kurma ajwa, anbara, safawi, barhi, saghai, khudri, sukkari dan masih banyak lagi.

3. Iran
Dalam satu tahun, Iran mampu memproduksi kurma sebanyak 1.02 juta ton. Maka tak heran Iran juga termasuk sebagai negara penghasil kurma terbesar di dunia dan menempati urutan ke-tiga setelah Saudi Arabia.

Biasanya, Iran mengekspor kurma hasil panennya ke beberapa negara Asia, seperti India dan Malaysia dan ada juga yang diekspor ke Rusia. Salah satu jenis kurma yang banyak tumbuh di Iran adalah kurma Bam. ** Baca juga: Unik, 5 Tradisi Jelang Sahur dari Sejumlah Negara

4. United Arab Emirates (UEA)
Di UAE terdapat banyak hamparan padang pasir yang sangat luas. Area tersebutlah tempat di mana banyak pohon-pohon kurma dapat tumbuh dengan subur. Karena itulah, UEA masuk ke urutan negara penghasil kurma terbesar di dunia.

Dalam setahun, UAE mampu menghasilkan kurma sebanyak 900 ribu ton kurma, yang juga diekspor ke beberapa negara lainnya. Sementara untuk jenis kurma yang tumbuh di sana ada berbagai jenis yang dibanderol dengan harga mahal, seperti Khalas, Barhi, Dabbas, Lulu, Fard, Khenaizi, dan Sheesh.

5. Algeria
Algeria di Afrika Utara memiliki luas sekira dua juta km2, dengan pohon kurma yang tumbuh subur, serta memberikan hasil panen yang berlimpah. Iklim dan cuaca yang hangat jadi alasan suburnya pohon kurma di sana.

Dalam setahun, Algeria dapat menghasilkan kurma sebanyak 690 ribu ton. Salah satu jenis kurma yang banyak tumbuh di Algeria adalah kurma deglet noor yang memiliki cita rasa autentik. Warnanya cokelat dan lebih cerah dibandingkan jenis kurma lain.

Apakah Anda juga selalu memulai berbuka puasa dengan kurma?(ilj/bbs)

Berita Terbaru