oleh

Negara Ini Punya Pemimpin Wanita Terbanyak

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Jika dulu pemimpin suatu kelompok atau bahkan negara identik dengan kaum pria, kini tampuk kepemimpinan sudah tidak lagi dominan kaum adam. Beberapa negara bahkan memiliki pemimpin wanita terbanyak, dibanding pria. Dikutip dari u.msn.com, inilah negara yang dimaksud:

1. Kyrgyzstan
Negara yang terletak di Asia Tengah dan terkurung daratan serta pegunungan ini memiliki pemimpin wanita yang jumlah mencapai 29 persen. Banyak wanita di negara ini yang mampu menduduki posisi penting di pemerintahan atau perusahaan besar.

2. Myanmar
Negara yang terletak diAsia Tenggara ini memiliki struktur sosial tersendiri yang membuat wanita mampu untuk mendapat posisi yang lebih tinggi. Salah satunya adalah Phyu Phyu Tin, pengusaha pemilik bisnis restoran terkenal di negara tersebut.

3. Latvia
Negara di kawasan Baltik, Eropa Utara ini memiliki jumlah pengusaha wanita nyaris sama dengan pengusaha laki-laki. Di Latvia, wanita menempati persentase 32 persen sebagai pimpinan perusahaan.

4. Georgia
Merupakan negara trans benua di sebelah timur Laut Hitam di selatan Kaukasus antara benua Eropa dan benua Asia. Sebanyak 32 persen dari bos perusahaan besar di Georgia ditempati oleh wanita.

5. Belarus
Merupakan sebuah negara di Eropa Timur dengan ibu kota Minsk. Di Belarus, persentase pemimpin wanita mencapai 33 persen.

6. Mongolia
Mongolia adalah negara yang terkurung daratan di Asia Timur, berbatasan dengan Rusia di sebelah utara, dan Republik Rakyat Tiongkok di selatan. Merupakan surga bagi wanita karier. Persentasi pemimpin wanita di sana mencapai 36 persen. ** Baca juga: Hebat, Gadis Tanpa Tangan Ini Juara Kompetisi Menulis

Sudah saatnya kaum hawa zaman sekarang beberapa langkah lebih maju, ikut membangun negara untuk mendukung pertumbuhan di bidang ekonomi. Setuju? (ilj/bbs)

Berita Terbaru