oleh

Nasi Kotak Merdeka Untuk Pemulung, Syaratnya Hormat Bendera Merah Putih

Kabar6 – Nasi kotak merdeka dibagikan ke masyarakat di Kampung Pemulung, Kelurahan Sukmajaya, Kota Cilegon. Syarat mendapatkannya, warga harus hormat ke bendera merah putih sembari menyanyikan lagu Indonesia Raya. Hal itu sebagai bentuk memupukkan rasa nasionalisme.

Kemerdekaan RI Ke-76 dilakukan sederhana. Lantaran, dua tahun terakhir, perayaan dilakukan ditengah pandemi covid-19.

Pembagian nasi bungkus diharapkan bisa menambah imun tubuh dan sedikit meringankan beban warga yang semuanya, berprofesi sebagai pemulung di Kota Baja.

“Di 17 Agustus ini, semangat kemerdekaan ini, kami mengadakan nasi bungkus merdeka. Penduduk di Kota Cilegon ini, hormat kepada bendera, setelah itu diberikan nasi kotak,” kata Gerry William, perwakilan relawan dari Bee Relief, dilokasi, Selasa (17/08/2021).

Wilayah Tangerang, Serang hingga Cilegon mereka datangi setiap pekan secara bergantian dan di kampung yang berbeda, untuk membagikan sembako maupun makanan gratis.

Sejak awal pandemi tahun 2020, mereka rutin membagikan sembako maupun makanan gratis ke warga terdampak covid-19, dengan datang langsung ke perkampungan yang dianggap membutuhkan.

“Aekarang lagi pandemi, jadi kita bagi-bagi ke masyarakat yang terdampak pandemi. Pembagian nasi bungkus udah sejak dari awal pandemi sampai sekarang dan dibagi ke beberapa daerah, Tangerang, Serang, Cilegon. Selain nasi bungkus, ada sembako juga yang kita bagikan,” ujarnya.

Meski tak ada perayaan, seperti perlombaan yang kerap dilakukan untuk memperingati kemerdekaan Indonesian. Namun bendera merah putih tetap berkibar di perkampungan pemulung itu. Harapannya pun sama, covid-19 bisa segera usai dari Indonesia.

“Dapet nasi bungkus isinya ayam, ada sambel nya juga. Harapannya bisa cepat selesai covid-19,” kata Mama Leni, dilokasi yang sama, Selasa (17/08/2021).

**Baca juga: Semangat Nasionalisme, Puluhan Pemuda Kibarkan Bendera Merah Putih dari Puncak Tertinggi Kota Cilegon

Sayanah (41), seorang istri yang kerap membantu suaminya memulung, berharap pandemi covid-19 bisa segera usai, agar dia bisa mengais rezeki yang lebih banyak lagi dari batang bekas yang dia ambil. Pandemi membuat penghasilannya juga menurun.

“Setiap hari mulung. Pinginnya di kemerdekaan ini, covid-19 bisa cepet selesai. Seneng (dapet nasi bungkus),” kata Sayanah, dilokasi yang sama, Selasa (17/08/2021).(dhi)

Berita Terbaru