oleh

Nah! Ini Beberapa Hal yang Bikin Pejabat Tiongkok Takut Korupsi

Kabar6-Sejak terpilih memimpin Tiongkok, Presiden Xi Jinping menerapkan hukuman mati bagi pejabat yang terbukti melakukan korupsi. Pada 2015 saja, tercatat puluhan pejabat tinggi negara hingga level menteri yang dieksekusi karena tindakan korupsi.

Jadi tidak heran jika tingkat korupsi di Tiongkok terus mengalami penurunan hingga berdampak pada meningkatnya perekonomian negara tersebut. Apa saja sih yang sebenarnya membuat para pejabat di Tiongkok takut melakukan korupsi? Dikutip dari Wowmenariknya, berikut uraiannya:

1. Korupsi berarti mati
Pemerintah Tiongkok menerapkan hukuman mati bagi para koruptor. Sejak dilantik pada 14 Maret 2013 silam, Presiden Xi Jinping bersumpah akan memberantas korupsi di negaranya, yaitu dengan menerapkan hukuman mati.

Tak sampai 12 bulan sejak aturan tersebut resmi diberlakukan, tercatat ada puluhan pejabat Tiongkok yang dieksekusi mati. Bahkan, proses eksekusi mati beberapa koruptor dilakukan di depan publik. Presiden Xi Jinping sendiri sudah menyiapkan peti mati khusus untuknya jika terbukti melakukan korupsi.

2. Para pejabat diwajibkan melihat koruptor di penjara
Tak semua pejabat yang terbukti korupsi akan dihukum mati. Hanya mereka yang melakukan korupsi dalam skala besar yang akan dihukum mati. Hukuman penjara diberikan untuk koruptor skala kecil.

Mereka dipenjara di sel tahanan yang sempit sama seperti tahanan lainnya. Untuk memberikan peringatan kepada para pejabat lain agar tidak melakukan korupsi, Komisi Pusat Disiplin Anggota Partai Komunis China (CCDI) menyuruh para pejabat untuk menjenguk para koruptor yang dipenjara dan melihat bagaimana mengerikannya hidup di sana

3. Gampang dipecat
Tidak hanya korupsi, jika pejabat Tiongkok kepergok bermalas-malasan saat bekerja, seperti pura-pura sakit atau bolos saat ada rapat, pemerintah tidak akan segan-segan untuk memecat mereka.

Para pejabat di Tiongkok harus disiplin dan kompeten dalam melakukan tugasnya sebagai wakil rakyat. Jika mereka tidak benar dalam bekerja, mereka akan dianggap sebagai orang yang tidak bertanggung jawab dan akan langsung dipecat. ** Baca juga: Ogah Bayar Taksi, Bascom Dikenai Hukuman Jalan Kaki Sejauh 48 Km

Bagaimana menurut Anda? (ilj/bbs)

Berita Terbaru