oleh

Murah Meriah, Bayam Miliki Manfaat yang Mengesankan

Kabar6-Tidak hanya sebagai sumber zat besi dan folat, bayam juga mengandung lutein dan zeaxanthin, zat karotenoid yang membantu Anda lebih berkonsentrasi dan tidak lamban berpikir seiring bertambahnya usia. Lutein adalah zat karotenoid yang berperan penting dalam membantu memori dan pengetahuan Anda.

Bayam yang menjadi salah satu jenis sayuran paling populer, mendapat gelar superfood lantaran kandungan nutrisi. Melansir medicaldaily, ini dia sejumlah manfaat bayam yang mencengangkan:

1. Tingkatkan energi
Satu cangkir bayam yang dimasak menawarkan 157 miligram magnesium, hampir 40 persen dari asupan harian yang disarankan. Mineral ini dibutuhkan oleh tubuh untuk proses energi. Memasak bayam juga dapat meningkatkan penyerapan zat besi, nutrisi lain yang dapat meningkatkan tingkat energi karena membantu mengangkut oksigen melalui sel darah merah.

2. Lindungi penglihatan
Memasukkan lebih banyak sayuran berdaun hijau ini di piring dapat membantu mengurangi risiko masalah penglihatan yang berkaitan dengan usia, seperti katarak dan degenerasi makula.

Bayam dianggap sebagai salah satu sumber makanan alami terbaik lutein dan zeaxanthin, keduanya memiliki fungsi antioksidan penting. Menurut catatan Scripps Research Institute, ada penelitian di mana konsumsi tiga porsi bayam per minggu dikaitkan dengan risiko 43 persen lebih rendah terkena degenerasi makula.

3. Sehatkan kulit & rambut
Menurut Megan Ware, ahli gizi di Orlando, Florida, bayam kaya akan vitamin A, nutrisi yang dibutuhkan untuk produksi sebum agar rambut tetap lembap. Vitamin A juga diperlukan untuk pertumbuhan semua jaringan tubuh, termasuk kulit dan rambut.

Sayuran ini juga menawarkan dosis vitamin C yang baik, nutrisi yang dapat memberikan banyak manfaat kecantikan seperti rambut yang lebih kuat, pertumbuhan kuku, lebih sedikit kerutan, berkurangnya kekeringan kulit, dan lain-lain.

4. Tingkatkan kepadatan tulang
Bayam merupakan sumber kalsium dan vitamin K yang baik, nutrisi yang berperan penting dalam kesehatan tulang. Kedua vitamin dan mineral tersebut dapat meningkatkan kepadatan tulang dan mengurangi risiko patah tulang, sehingga ini baik untuk diet osteoporosis.

Hal yang perlu diingat, bayam juga mengandung asam oksalat yang dapat mengurangi seberapa banyak nutrisi ini diserap oleh tubuh. Jadi akan lebih baik bila menggabungkannya dengan kacang kedelai, produk susu, makanan yang diperkaya, dan sumber lainnya.

5. Kurangi risiko kanker
Meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui sejauh mana manfaat ini, keberadaan antioksidan diyakini memiliki efek perlindungan terhadap risiko kanker.

Kandungan beta-karoten dan vitamin C membantu menghalangi radikal bebas dan zat penyebab kanker, sebelum mereka dapat merusak. Mengonsumsi bayam juga dapat membantu melindungi terhadap kanker mulut, kerongkongan, dan lambung. Kandungan folat dan serat dalam sayuran ini juga bisa memiliki efek menguntungkan.
** Baca juga: Stres Berlebihan Bisa Jadi Penyebab Anda Alami Mimpi Buruk

Yuk, masukkan menu bayam dalam hidangan sehari-hari.(ilj/bbs)

Berita Terbaru