oleh

Mulai 2021, Makanan yang Terbuat dari Listrik, Air, & Udara Dipasarkan

Kabar6-Sebuah perusahaan pangan di Finlandia bernama Solar Foods, berencana menjual solein, yaitu jenis bahan makanan yang terbuat dari listrik, air, dan udara di gerai-gerai swalayan.

Selain menjual di swalayan yang dimulai pada 2021, melansir theguardian, Solar Foods juga akan menggandeng Badan Antariksa Eropa (ESA) untuk menjadikan produk makanan baru itu salah satu pilihan ransum para astronot dalam misi ke luar angkasa. Diklaim, solein akan menjadi bahan pangan masa depan dengan sumber yang tidak terbatas.

“Tak tergantung pada cuaca dan irigasi, solein adalah sumber protein tak terbatas yang tidak terkungkung dalam batas-batas pertanian serta jeratan imajinasi,” demikian tulis Solar Foods dalam situs resmi mereka.

Solar Foods yang bermarkas di Helsinki itu mengatakan bahwa bahan pangan baru berbentuk tepung itu sangat kaya protein dan rasanya tak jauh berbeda dari tepung gandum. Solein dihargai sekira Rp80 ribu per kilogram. Dan rencananya akan mulai diproduksi massal pada 2021.

Dikatakan Solar Foods, tepung solein diproduksi lewat proses yang mirip dengan pembuatan bir, yaitu mikroba hidup dimasukkan ke cairan dan diberi asupan karbondioksida dan gelembung hidrogen, dua material itu diperoleh dari air yang dialiri listrik.

Dari proses itu, mikroba akan menghasilkan protein. Nah, protein-protein itu dikeringkan untuk menghasilkan tepung solein. “Ini benar-benar jenis bahan pangan baru, protein baru, yang berbeda dari semua makanan yang ada di pasaran saat ini,” kata Pasi Vainikka, direktur eksekutif Solar Foods.

Solein, diklaim Vainikka, merupakan bahan pangan paling ramah lingkungan pada saat ini. Ditambahkan, tepung solein bisa dimanfaatkan untuk membuat bahan makanan yang lazim kita temukan saat ini seperti roti atau kue. ** Baca juga: Peneliti Eropa Temukan Fosil Burung Berbobot 450 Kilogram

Wah, mengolah makanan menjadi lebih praktis.(ilj/bbs)

Berita Terbaru