oleh

Mukjizat, Jenazah Korban Tsunami di Jepang 10 Tahun Lalu Akhirnya Ditemukan

Kabar6-Kepolisian Prefektur Miyagi, Jepang, mengumumkan temuan jenazah seorang perempuan yang hilang saat gempa Bumi disertai tsunami menerjang Negeri Matahari Terbit itu pada 2011 lalu.

Temuan yang berhasil diidentifikasi itu, melansir japantimes, terjadi enam hari sebelum peringatan 10 tahun gempa Bumi dan tsunami Tohoku pada 11 Maret lalu. “Bagian kerangka, termasuk tengkorak berhasil diidentifikasi, ditemukan pada 17 Februari lalu di pantai wilayah timur laut Miyagi,” ungkap juru bicara kepolisian.

Hasil identifikasi gigi dan DNA menunjukkan bahwa jenazah itu bernama Natsuko Okuyama, meninggal dunia pada usia 61 tahun. Lansia asal Kota Higashimatsushima tersebut terseret gelombang tsunami cukup jauh.

Putra Okuyama berterima kasih kepada pihak yang berhasil menemukan jenazah ibunya, dan merasa lega karena penantian panjangnya selama ini terjawab sudah. ** Baca juga: Pakistan Blokir Aplikasi TikTok Karena Dianggap Vulgar dan Tak Bermoral

“Saya sangat senang mendiang ibu saya ditemukan, menjelang peringatan 10 tahun. Ini bisa mengobati perasaan saya dan bergerak maju ke depan,” kata pria yang tidak disebutkan namanya itu.

Jumlah korban tewas dalam bencana alam pada 2011 itu, menurut Badan Kepolisian Nasional Jepang, mencapai 15.899 orang. Namun, lebih dari 2.500 di antaranya dianggap hilang sehingga membuat banyak keluarga korban terpukul.

Diketahui, tsunami 10 tahun lalu dipicu oleh gempa Bumi berkekuatan 9 Skala Richter, guncangan terbesar di Jepang dan keempat di dunia sejak pencatatan modern pada 1900-an.

Badan Meteorologi Jepang menyatakan, gempa itu kemungkinan menyisakan guncangan termasuk bermagnitudo 7,1 di lepas pantai Prefektur Fukushima pada 13 Februari lalu.(ilj/bbs)

Berita Terbaru