oleh

Mudik Lebaran, Bandara Rawan Pelaku Geser Koper & Calo Tiket Palsu

Kabar6–Pada musim lebaran tahun ini, pengguna jasa Bandara Internasional Soekarno Hatta dihimbau untuk lebih berhati-hati terhadap jenis kejahatan geser koper atau tas serta aksi tipu-tipu yang dilakukana oleh para calo tiket.

Demikian himbauan yang disampaikan Kepala Polres Khusus Bandara Soekarno Hatta, Kombespol Reynhard Silitong, menjelang datangnya musim lebaran tahun 2012 ini.

“Salah satu jenis kejahatan yang sering muncul pada musim mudik dan harus diwaspadai adalah, Kejahatan geser koper. Bila perlu, bawa barang yang dibutuhkan saja,” kata Reynhard Silitong, Senin (30/7/2012).

Himbauan Reynhard kiranya bukan tanpa alasan. Mengacu pada musim mudik lebaran tahun sebelumnya, sedikitnya ada 3 laporan yang diterima pihaknya terkait kasus kejahatan geser koper di Bandara Soekarno Hatta.

“Biasanya, kawanan pelaku beraksi secara berkelompok, dengan memanfaatkan kelengahan penumpang. Oleh sebab itu, kami pada musim lebaran tahun ini kami menghimbau kepada para pengguna jasa agar meningkatkan kewaspadaan,” ujarnya.

Selain itu, Reynhard juga mengingatkan kepada pengguna jasa bandara agar tidak tergiur dengan tiket murah yang ditawarkan para calo. Karena, bisa jadi tiket tersebut adalah tiket kadaluarsa yang sudah habis masa berlakunya.

“Bila ada pengguna jasa yang menjadi korban atas dua jenis kejahatan diatas, maka kami sarankan agar segera melapor kepada petugas jaga terdekat,” kata Reynhard lagi.

Terpisah, Kasat Reskrim Polres Metro BSH Kompol Siswoyuwono mengatakan, untuk pengamanan musim mudik tahun ini, pihaknya bakal menempatkan petugas di seluruh terminal yang ada. Keberadaan petugas tersebut agar bisa merespon cepat setiap pengaduan atau tindak kejahatan yang terjadi.   

“Selama mudik mendatang, kami akan sediakan posko pengaduan dan layanan informasi di setiap terminal. Sehingga, begitu ada laporan atas tindak kejahatan, bisa langsung ditangani oleh petugas kepolisian posko di masing-masing terminal,” katanya.(iqmar)

Berita Terbaru