oleh

Mudik Idul Fitri 2021, Pelabuhan Merak Tidak Layani Penumpang

Kabar6 – Meski mudik ditutup, namun PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak akan tetap buka melayani penyebrangan, namun hanya truk pengangkut sembako dan kendaraan khusus saja gang dibolehkan. Sedangkan penumpang, sementara waktu ditiadakan.

Penutupan Pelabuhan Merak dilakukan sejak tanggal 06-17 Mei 2021. Harapannya, tidak ada masyarakat yang melakukan muslihat demi lolos dari cek point arus mudik.

“Mencegah masyarakat yang melakukan mudik lebaran, kita dari PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak tidak melayani penyeberangan orang,” kata GM ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak, Hasan Lessy, dalam rilis yang disampaikan Humas Polda Banten, Kamis (08/04/2021).

Kemudian Polda Banten akan menggelar cek poin sebagai tempat pemeriksaan kendaraan pemudik menuju Pelabuhan Merak, akan berdiri di tol Tangerang-Merak (Tamer). Pos akan berlapis, menghindari lolosnya masyarakat yang akan menyebrang dari Pulau Jawa menuju Sumatera.

“Dalam pengaman lebaran tahun ini, kami akan membentuk pos cek point pada titik mudik sebagai dukungan program pemerintah tentang larangan mudik,” kata Dirlantas Polda Banten, Kombes Pol Rudy Purnomo, melalui rilis yang sama, Kamis (08/04/2021).

**Baca juga: Pengamat Pemerintah: Wajar Jika Sekda Banten Diganti

Rudy berharap tidak ada lagi ‘kucing-kucingan’ masyarakat agar bisa mudik ke Sumatera maupun sebaliknya. Rekayasa lalu lintas di dalam tol dan jalur arteri juga dilakukan, untuk memutar balikkan kendaraan pemudik.

“Rencananya kita melakukan pengalihan arus dan jalur mudik lebaran di jalan tol Tangerang-Merak dan arteri,” terangnya.(dhi)

Berita Terbaru