oleh

MTQ Kota Tangerang Bakal Digelar, Ratusan Peserta Bersaing

Kabar6-Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) akan menggelar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-21 tingkat Kota Tangerang. MTQ tersebut akan dibuka pada Senin Senin 23 Mei 2022 besok. Ratusan peserta akan bersaing dalam gelaran tersebut.

MTQ tersebut mengusung tema “Bersama Al Qur’an Kita Bangun Masyarakat Kota Tangerang yang Sejahtera, Berdaya Saing dan Berakhlakul Kharimah” yang akan berlangsung di Pusat Pemerintahan Kota Tangerang.

“MTQ Kota Tangerang akan diikuti 642 peserta dari 13 kecamatan. Seluruhnya akan bersaing di tujuh mata lomba yang akan digelar selama tiga hari hingga Rabu besok,” ujar Ketua LPTQ Kota Tangerang, KH Zuhri Fauzi, kepada wartawan, Minggu (22/5/2022).

Zuhri mengatakan, akan ada tujuh mata lomba yang akan digelar, di antaranya lomba Tilawah mulai dari murotal anak, remaja, dewasa hingga qiraah sabaah mujawwad.

Lomba tahfiz mulai dari 1 juz, 5 juz, 10 juz, 20 juz hingga 30 juz. Lomba kaligrafi kategori dekorasi dan hiasan mushaf, lomba qiraat kutub kategori ula, wushta dan ulya. Serta adanya lomba syahril qur’an dan fahmil qur’an.

Menurutnya, ini menjadi momentum kembalinya semangat Kota Tangerang untuk mencetak generasi Qur’an yang berprestasi, setelah digerus pandemi Covid-19 selama dua tahun.

Zuhri menambahkan, untuk meningkatkan kualitas pagelaran MTQ Kota Tangerang tahun ini, LPTQ turut menghadirkan juri tingkat provinsi dan nasional sekitar 15 persen.

“Harapannya, ini dapat berdampak positif bagi penilaian, terutama untuk menjaga objektivitas yang lebih maksimal. Dipastikan, para juri merupakan para pakar atau ahli yang memiliki kompetensi di bidangnya masing-masing,” pungkas Zuhri.

**Baca juga: 39 Calon Relawan PMI Diorientasi Kepalangmerahan

Berikut Venue Masing-Masing Mata Lomba MTQ Kota Tangerang ke-21;

1. Tilawah dewasa dan Qiro’at Mujawwad – Arena utama Plaza Puspem
2. Tilawah anak-anak dan remaja – Gedung MUI
3. Qiroatul Kutub Ula dan Wustho – Masjid Raya Al Azhom
4. Qiroatul Kutub Ulya dan Hifdzil Hadist 100 Bersanad – Masjid Raya Al Azhom
5. Kaligrafi Qur’an – Selasar Plaza Puspem
6. Qiro’at Murottal Remaja dan Dewasa – Ruang City Gallery
7. Syahril Qur’an – Ruang Akhlakuk Karimah
8. Fahmil Qur’an – Ruang Al Amanah
9. Hofdzil Qur’an 20 Juz dan 30 Juz – Aula Dinas Pendidikan
10. Hifdzil Qur’an 1 Juz dan 5 Juz dan Tilawah – Ruang Rapat Asda 3
11. Tartil dan Hifdzil Qur’an 10 Juz – Ruang Ar Raudhoh. (Oke)