oleh

Monowi, Kota yang Hanya Dihuni Satu Orang Penduduk

Kabar6-Kota diartikan sebagai tempat tinggal dari beberapa ribu atau lebih penduduk, sedangkan perkotaan diartikan sebagai area terbangun dengan struktur dan jalan-jalan, sebagai suatu permukiman terpusat pada suatu area dengan kepadatan tertentu.

Dalam pengertian lain, kota adalah wilayah dengan kepadatan penduduk tinggi, yang sebagian besar lahannya terbangun dan perekonomiannya bersifat non pertanian.

Namun kota yang satu ini sepertinya berbeda, bahkan bisa jadi langka karena hanya dihuni oleh satu orang saja. Kota itu, melansir allthatsinteresting bernama Monowi, berada di Nebraska, Amerika Serikat. Monowi hanya dihuni oleh seorang wanita bernama Elsie Eiler (84). Sebelumnya pada 1930-an, kota ini masih memiliki populasi penduduk yang banyak, yaitu sekira 130 jiwa.

Seiring waktu, para penduduk memutuskan pindah ke kota lain yang lebih maju. Pada 2000, penghuni kota Monowi hanya dua orang yaitu Elsie dan suaminya, Rudi. Namun sejak suaminya meninggal pada 2004, Elsie pun menjadi satu-satunya penduduk yang tinggal di kota tersebut.

Karena jadi satu-satunya penduduk yang ada di sana, Elsie pun menjadi walikota Monowi. Ia membuka perpustakaan yang diisi sekira 5.000 buku peninggalan Rudi. Elsie juga menjalankan sebuah kedai makanan dan minuman.

Hal yang unik, dalam setahun sekali Elsie menaikkan pajak kota untuk dirinya sendiri dan dipergunakan sebagai infastruktur kota dan penerangan jalan.

Disebutkan, kedai minuman Elsie sudah memiliki banyak pelanggan. Orang-orang yang melintas di jalan tol, sering berkunjung sekaligus beristirahat di kedai tersebut. ** Baca juga: Tercatat dalam Sejarah Dunia, Perang Paling Unik Sekaligus Aneh

Wow…(ilj/bbs)

Berita Terbaru