Molaison Disebut Miliki Otak Paling Terkenal di Dunia

Molaison punya otak paling terkenal di dunia.(Popular Science)

Kabar6-Otak Henry Gustav Molaison, atau dikenal sebagai ‘Pasien HM’, menjadi otak paling terkenal di dunia. Disebut demikian, karena pria ini memiliki ingatan hanya beberapa menit saja akibat operasi otak yang dilakukannya pada 1953 silam, untuk menyembuhkan penyakit epilesi yang diderita.

Kini otak milik Molaison yang lahir pada 26 Februari 1926, dilansir Popular Science, berada pada cetakan plexiglass. Diketahui, Molaiso menderita epilesi parah akibat kecelakaan sepeda yang terjadi pada saat berusia sembilan tahun. Ia menderita kejang selama bertahun-tahun sebelum akhirnya dirujuk ke ahli bedah saraf di Rumah Sakit Hartford, AS.

Meskipun penyakit epilesinya dapat disembuhkan, Molaison tidak memiliki kemampuan untuk menyimpan memori baru dalam otaknya, sebuah kondisi yang dikenal dengan sebutan amunisi anterograde. Pria ini hidup selama 55 tahun sejak menjalani operasi. Otak milik Henry Molaison dipelajari oleh Komunitas Ilmiah untuk mengetahui penyebab tidak dapat menyimpan memori baru.

Otak Molaison menjadi terkenal karena sangat penting bagi para ilmuwan untuk mengetahui bagian mana dari otak yang dapat menyimpan memori baru pada manusia, dan juga dapat mengetahui posisi yang tepat dari mana fungsi memori otak berasal (hippocampos). ** Baca juga: Tak Masuk Akal, Wanita Ini Ceraikan Suaminya Karena Rajin Bersihkan Rumah

Sebelum meninggal pada Desember 2008, Molaison setuju untuk menyumbangkan otaknya ke The Brain Observatory di UC San Diego. Otak tersebut lantas diiris menjadi 2.401 dengan ketebalan tujuh puluh mikron, dan dipindai dengan resolusi sangat tinggi.(ilj/bbs)