Misterius, ‘Sihir Tidur’ dari Kazakhstan

kabar6.com
Sihir tidur yang misterius.(india.com)

Kabar6-Peristiwa aneh terjadi pada 2013 silam, yang melaporkan bahwa penduduk Kalachi, kota kecil di timur laut Kazakhstan, secara misterius terkena ‘sihir tidur.’ “Seperti biasa saya memerah susu sapi setiap paginya…alu tertidur begitu saja,” kata Marina Felk, seorang gadis pemerah susu.

Saat terbangun, seperti dilansir Intisari, Felk mendapati dirinya ada dalam bangsal rumah sakit dan tidak dapat mengingat apa pun. Para perawat yang ada di sana mengatakan, “Akhirnya, selamat terbangun kembali putri tidur.”

Felk tidak dapat mengingat apa pun usai tidur selama dua hari dua malam itu. Rupanya, hal itu tidak hanya terjadi pada Felk, tapi juga menimpa banyak orang dalam gelombang (periode) tertentu.

Warga yang terkena sihir tidur ini biasa tertidur antara dua hingga enam hari. Bahkan karena seringnya sihir tidur ini menimpa warga, sebagian dari mereka sudah menyiapkan tas jika sewaktu-waktu tertidur dan dilarikan ke rumah sakit.

Awalnya, dokter mengira kondisi ini mungkin terkait dengan vodka kualitas buruk. Namun dari pasien yang terkena sihir tidur itu tak satu dari mereka mengonsumsi vodka. Sementara itu gelombang kedua sihir tidur terjadi pada Mei 2013, sekira waktu Paskah.

Sejak itu, ada beberapa gelombang lagi yang menerpa setelah libur sekolah musim dingin Mei 2014. Penduduk setempat mengatakan bahwa 40-60 orang menderita karena tidur panjang ini.

Sejumlah besar ilmuwan telah datang ke tempat-tempat terpencil untuk meneliti sampel tanah, air, udara, darah, rambut, dan kuku pasien. Mereka kemudian menaruh curiga terhadap gas bawah tanah.

Kalachi diketahui bertempat dekat dengan kota Krasnogorsk, yakni kota tertutup pada era Uni Soviet yang dijalankan langsung dari Moskow yang juga terserang sihir tidur.

Bahkan, hingga 2015 sihir tidur telah menyengsarakan penduduk Kalachi dan Krasnogorsk selama lima tahun. Banyak penduduk telah mengangkut barang-barang dan meninggalkan rumah atas kemauan mereka sendiri.

Ternyata semua itu memiliki hubungan dengan tambang uranium di daerah sekitar. Karbon monoksida dan hidrokarbon yang berlebihan di udara dapat menguras oksigen dalam otak. Hal ini dapat memicu otak untuk mati, sehingga menimbulkan rasa lelah yang tak terkendali. Masih pada 2015, Berdibek Saparbaev, wakil Perdana Menteri Kazakhstan, mengatakan bahwa tambang uranium telah ditutup di beberapa titik.

Warga yang tersisa pun dievakuasi. Sihir tidur misterius yang menghantui warga pun diketahui sebagai efek kimia gas. Jadi penyakit ini disebabkan oleh penguapan dari tambang.

Efek yang ditimbulkannya memang dapat membuat lupa ingatan. Bahkan, dua anak diketahui terserang halusinasi karenanya. Misalnya Misha Plyukhin, dia bercerita bahwa dia melihat bola lampu dan kuda terbang di sekitarnya. Dia juga kemudian melihat ibunya memiliki delapan belalai dan mengingat ular serta cacing di tempat tidur yang menggerogoti lengannya. ** Baca juga: Cathie Jung Punya Pinggang Terkecil di Dunia

Waduh…(ilj/bbs)