oleh

Miris…! Murid SDN di Tangsel Belajar di Dapur

Tampak seorang guru di SDN Kademangan 2 tengah mengajar.(yud)

Kabar6-‎Proses belajar mengajar di SDN Negeri 2 Kademangan, Kelurahan Kademangan, Kecamatan Setu, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), memprihatinkan.

Betapa tidak, di sekolah yang terletak ‎di RT 05 RW 03 itu, sejumlah peserta didik bahkan mesti belajar di sebuah ruangan yang multi fungsi.

Ya, para murid terpaksa belajar di ruangan yang sedianya dijadikan sarana perpustakaan dan Unit Kesehatan Sekolah (UKS) sekaligus dapur.

“Jumlah kelas disini ada sembilan. Dan, itu sudah tidak mampu lagi menampung seluruh murid,” kata Kepala SDN 2 Kademangan, Suhendi kepada wartawan, Kamis (11/8/2016).

Menurutnya, total jumlah murid saat ini ada sebanyak 247 orang. Akibat ketersediaan ruangan kelas tidak mumpuni, maka waktu belajar murid terpaksa dibagi menjadi dua sesi.

Pada sesi pertama, kegiatan belajar mulai dilaksanakan pada pukul 07.00 WIB hingga pukul11.00 WIB. Sedangkan jam belajar sesi kedua dilaksanakan pukul 13.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. Sementara, ruang kelas yang tersedia hanya ada lima unit. **Baca juga: Bekas Birokrat dan Dewan Jadi Direksi BUMD‎ Tangsel.

Suhendi memaparkan, sisa empat ruangan lainnya terpaksa mesti dibagi-bagi. Diperuntukan bagi guru yang menyatu dengan ruangan dirinya, ruangan olahraga, ruangan serba guna‎, serta dapur. **Baca juga: Bappeda Tangsel Sindir Kinerja Pimpinan SKPD Teknis.

“Ini sekolah sudah berdiri sejak tahun 1984,” paparnya.‎ **Baca juga: Perampok “Garap” Kades Wanita di Tangerang, Dana Desa Rp415 Juta Amblas.

Kemudian pada tahun 2005, seluruh gedung sempat direnovasi. Berlanjut pada era 2008, kemudian dibangun toilet. **Baca juga: Polisi Gerebek Rumah Produksi KTP dan KK Palsu di Tangerang.

Suhendi mengakui, bila sebelum puasa Ramadan kemarin memang ada pengecatan. “Kalau mengikuti kurikulum 2013, isi ruang kelas itu idealnya maksimal 28 siswa,” imbuhnya.‎(yud)

Berita Terbaru