oleh

Minum Teh Bikin Tidur Lebih Pulas?

Kabar6-Teh menjadi salah satu minuman yang banyak dipilih, entah itu untuk memulai hari sebelum beraktivitas, atau sekadar teman santai saat sore hari. Minum teh, selain membuat tubuh rileks, seringkali dianggap dapat membuat tidur lebih pulas. Benarkah demikian?

Seorang peneliti dari Harvard Medical School Division of Sleep Medicine bernama Eric Zhou, melansir Livescience, menyebutkan bahwa selama ratusan bahkan ribuan tahun minuman teh telah digunakan sebagai obat herbal yang diklaim mampu membuat tidur lebih nyenyak. Jenis teh yang digunakan biasanya berjenis chamomile.

Hingga saat ini, dikatakan Zhou, masih sedikit penelitian yang menguji keampuhan teh chamomile terhadap kualitas tidur, salah satunya sebuah penelitian pada 2011.

“Sangat sedikit studi yang menganalisis efek teh chamomile terhadap kualitas tidur. Untuk kasus insomnia, minum teh hanya memberi khasiat sangat sedikit,” jelas Zhou.

Hal senada dikatakan Suzanna Zick dari University of Michigan Department of Family Medicine yang memimpin riset ini. “Walau sudah minum teh chamomile, kualitas tidurnya tidak langsung naik secara signifikan dibandingkan orang yang tidak minum teh,”papar Zick.

Lantas, apa yang harus dilakukan agar dapat tidur lebih pulas? Para peneliti percaya, kualitas tidur dipengaruhi oleh banyak faktor, termasuk salah satunya stres di rumah atau kantor.

Beban pekerjaan yang bikin pusing sampai terbawa ke rumah dapat membuat Anda tidur tidak nyenyak. Begitu pula dengan menggunakan gadget menjelang tidur, di mana layar yang sangat terang dapat membuat mata menjadi silau dan pusing kepala.

Apabila ada yang merasa dapat tidur lebih pulas setelah minum teh, disebutkan Zhou, tampaknya hal ini hanya sugesti saja. Meskipun keampuhannya tidak dapat dibuktikan secara sains, bukan berarti Anda harus berhenti minum teh sebelum tidur. ** Baca juga: Hasil Penelitian Sebutkan Wanita Jomblo Lebih Bahagia

“Minum teh chamomile bisa membuat Anda tidur lebih pulas kalau Anda percaya,” tambah Zhou. “Teh chamomile sangat aman untuk kesehatan, jadi kalau memang ampuh untuk Anda, tidak ada alasan untuk berhenti meminumnya.”(ilj/bbs)

Berita Terbaru