oleh

Minum Susu Mudahkan Anda Masuk ke Siklus Tidur

Kabar6-Banyak orang yang rutin minum susu menjelang istirahat malam, karena percaya akan membuat tidur lebih nyenyak. Sementara sebagian orang yakin, minum susu sebelum tidur dapat meredakan kecemasan dan membuat tubuh rileks.

Benarkah demikian? Melansir Healthline, susu memang bisa membantu seseorang tidur lebih cepat. Beberapa studi pun telah membuktikan, mengonsumsi produk susu, seperti susu dan keju, sebelum tidur menyebabkan istirahat malam Anda menjadi lebih nyenyak.

Disebutkan para pakar, hal ini karena kandungan tertentu yang ada dalam produk susu. Melansir Medicaldaily, susu mengandung hormon melatonin dan asam amino triptofan. Keduanya berdampak positif pada mood, sehingga memudahkan kita masuk ke siklus tidur.

Sejumlah studi lainnya juga mengungkapkan, keduanya bisa mengurangi gejala kecemasan dan depresi yang umumnya muncul lebih sering menjelang waktu tidur. Situs Colossal Sleep menyebutkan, triptofan membantu tubuh melepaskan serotonin yang mengurangi kecemasan dan membuat tubuh jadi lebih rileks.

Sementara melatonin membantu mengatur ritme sirkadian dan memberikan sinyal pada otak untuk masuk ke dalam kondisi tidur. Beberapa pakar juga mengklaim, minum susu sebelum tidur memiliki efek psikologis yang membantu memperkuat kebiasaan ini.

Minum susu sebelum tidur membuat kita lebih tenang dan tanpa sadar teringat untuk meminumnya pada malam hari, sehingga kita bisa merasa nyaman dan tidur lebih tenang.

Meskipun begitu, masih ada banyak orang yang tidak menyetujui praktik ini. Salah satu alasannya adalah, minum susu sebelum tidur bisa membuat kita gemuk, karena kandungan lemak, protein, dan kalori di samping nutrisi dan mineral.

Dalam Livestrong disebutkan, minum susu sebelum tidur bisa mengganggu pencernaan, berdampak pada metabolisme, dan kemungkinan menyebabkan kenaikan berat badan. ** Baca juga: Untuk Kesehatan Otak, Konsumsi 5 Sayuran Ini

Namun sejumlah hal tadi tidak menurunkan minat minum susu sebelum tidur. Justru memunculkan kebiasaan baru untuk minum susu setidaknya dua jam sebelum tidur untuk mendapatkan manfaat sehatnya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru