oleh

Minimalisir Penyebaran Flu, dengan 7 Cara Ini

Kabar6-Flu merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus, dapat menyerang hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Flu atau influenza ini sangat umum terjadi di musim pancaroba. Penyakit ini sangat mudah menular ke orang lain, terutama ketika 3-4 hari pertama setelah pengidapnya terinfeksi virus flu.

Gejala-gejala flu yang biasa dirasakan pengidapnya adalah demam, sakit kepala, batuk-batuk, pegal-pegal, kehilangan nafsu makan, serta sakit tenggorokan. Gejala flu akan bertambah parah selama 2-4 hari sebelum akhirnya membaik dan sembuh.

Saat Anda terserang flu, disarankan untuk melakukan sejumlah hal agar tidak menulari orang lain. Melansir wikihow, ini sejumlah cara agar tidak menyebarkan flu pada orang lain:

1. Istirahat dirumah bila Anda sedang sakit
Saat sakit flu, sebaiknya istirahat di rumah. Selain Anda dapat beristirahat dengan baik, Anda juga tidak menularkan penyakit pada orang lain.

2. Gunakan tisu
Gunakan tisu saat bersin atau batuk dan buang pada tempat sampah yang tertutup.

3. Mengikuti etika bersin dan batuk
Saat batuk ataupun bersin dan tidak memiliki tisu, maka dapat mengikuti etika bersin dan batuk, dengan batuk pada siku yaitu menekuk siku Anda.

4. Cuci tangan
Dengan mencuci tangan, Anda dapat menghindari penyebaran penyakit pada orang lain, sekaligus menghindari kuman tersebut masuk ke tubuh.

5. Bersihkan permukaan yang sering terpegang
Usahakan bersihkan gagang pintu, lampu, keyboard, mouse, dan telepon yang sering Anda sentuh.

6. Cuci pakaian dan barang setelah Anda flu
Dengan cara ini, Anda akan menjaga untuk tidak menularkan penyakit kepada orang lain. ** Baca juga: Lakukan 9 Kebiasaan yang Baik untuk Kesehatan Jantung

7. Buka ventilasi rumah
Dengan membuka ventilasi rumah, maka sinar matahari akan masuk dan membantu mematikan kuman ataupun bakteri yang ada.

Dengan menjalankan pola hidup sehat saat sedang flu, maka Anda dapat meminimalisir penularan penyakit kepada orang lain.(ilj/bbs)

Berita Terbaru