oleh

Minimalisir Kerutan pada Wajah dengan Menu Diet Sehat

Kabar6-Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya kerutan pada wajah, antara lain akibat paparan sinar matahari, merokok, usia, genetik, serta mengonsumsi makanan tidak sehat.

Mengonsumsi makanan tinggi lemak jenuh dan karbohidrat olahan dapat membuat kolagen menipis, membuat wajah tidak elastis.

Karena itulah, dibutuhkan diet yang baik untuk membuat wajah tetap halus dan awet muda. Melansir Fimela, berikut menu diet bantu meminimalisir kerutan di wajah:

1. Konsumsi lebih banyak buah dan sayuran
Peneliti Inggris memeriksa pola makan dan kerutan 4.025 perempuan paruh baya. Mereka menemukan, makanan kaya vitamin C mengurangi risiko kerutan yang signifikan sebesar 36 persen.

Vitamin antioksidan ini dapat melindungi kulit dengan memberantas radikal bebas, molekul oksigen tidak stabil yang merusak kolagen.

Meningkatkan asupan vitamin C semudah mengonsumsi buah beri atau segelas jus jeruk saat sarapan, paprika merah dan jeruk bali saat makan siang, dan brokoli saat makan malam.

Penelitian lain menunjukkan, semakin banyak produk dari semua jenis yang dimakan, semakin rendah kemungkinan untuk berkerut. Ada sebanyak 36 persen berkurangnya peluang kerutan bertambah, jika makan beberapa porsi buah dan sayuran kaya vitamin C setiap hari.

2. Konsumsi salmon
Menurut para peneliti, meningkatkan asupan asam lemak omega-3 mengurangi risiko kulit tampak tua sebesar 25 persen. Kacang kenari, minyak kanola, kapsul minyak ikan, dan biji rami juga merupakan sumber yang bagus.

3. Minum secangkir cokelat bebas gula
Dalam sebuah penelitian, antioksidan yang disebut epicatechin dan catechin dalam kakao melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan meningkatkan sirkulasi ke sel-sel kulit.

4. Kurangi roti putih dan gula
Menurut penelitian di Inggris, setiap peningkatan 50 gram dalam konsumsi karbohidrat harian (jumlah dalam dua minuman ringan seberat delapan ons) akan meningkatkan risiko keriput sebesar 28 persen.

Kaitannya mungkin dengan molekul yang terbuat dari gula dan protein yang menyerang kolagen serta elastin, protein elastis yang membuat kulit tampak kencang. ** Baca juga: Tidak Hanya Cukup Istirahat, Ada 5 Hal yang Bantu Atasi Kelelahan Kronis

Selamat mencoba.(ilj/bbs)

Berita Terbaru