oleh

Minimalisir Depresi dengan 7 Makanan Sehat

Kabar6-Tidak sedikit orang yang mengalami depresi. Sering mengalami depresi dalam jangka lama tentu saja tidak baik untuk kesehatan mental Anda. Ternyata, depresi bisa diminimalisir dengan mengonsumsi makanan sehat.

Apa saja makanan sehat yang membantu meminimalisir depresi? Melansir Esquire, ini dia tujuh makanan yang dimaksud:

1. Ubi
Kandungan betakaroten dan vitamin B6 sangat bermanfaat untuk mempertahankan kondisi kesehatan mental. Kandungan vitamin B6 di dalamnya juga turut bermanfaat sebagai pendorong semangat. Di beberapa tempat di dunia, seperti di Jepang misalnya, ubi diyakini sebagai bahan pangan yang dapat mengatasi gangguan mood.

2. Tomat cherry
Selain karena bentuknya yang imut dan teksktur rasanya yang pas saat dimakan sebagai campuran salad, ternyata tomat cherry juga bermanfaat sebagai pencegah depresi. Komponen likopen yang dikandungnya memiliki antioksidan yang mampu meningkatkan mood. Tomat biasa pun sebenarnya memiliki manfaat serupa, hanya saja tidak sebanyak yang dikandung oleh tomat cherry.

3. Daging sapi grass feed
Daging sapi grass feed adalah daging yang berasal dari sapi-sapi yang diternakan secara organik, mulai dari lingkungan kandangnya hingga bahan pakannya yang berasal dari hanya campuran bahan-bahan alami. Daging sapi jenis ini diketahui memiliki kandungan omega 3 dan 6 yang tinggi, di mana sangat bermanfaat untuk kesehatan otak, di mana merupakan organ tubuh yang rentan terserang depresi.

4. Daging kalkun
Daging kalkun mengandung trytophan yang tinggi, di mana bermanfaat untuk mendorong pelepasan hormon serotonin di dalam tubuh. Hormon serotonin sendiri merupakan hormon yang bertugas untuk memberikan rasa tenang di dalam diri. Selain itu, hormon serotonin juga bermanfaat sebagai pendorong produksi melatonin, senyawa yang dibutuhkan saat beristirahat, sehingga membuat tubuh menjadi mudah untuk istirahat sekaligus berkualitas.

5. Bayam
Bayam dikenal sebagai sayuran yang kaya akan manfaat sehat bagi tubuh, termasuk bermanfaat bagi kesehatan mental. Selain kaya akan zat besi, bayam juga kaya akan asam folik yang dapat membuat pikiran bahagian. Selain itu, asam folik juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan sel darah merah serta memperkuat sistem kekebalan tubuh. Dua hal terakhir tersebut sangat berguna sebagai pelindung alami tubuh dari serangan depresi.

6. Keju
Meskipun keju kaya akan lemak dan memiliki tingkat kalori yang tinggi, namun jika dikonsumsi secara cukup, justru akan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk mampu meningkatkan rasa bahagia. Kandungan zat besi yang sangat tinggi di dalam keju mampu bantu menangkal gejala stres.

7. Pisang
Selain menyediakan cukup energi bagi tubuh, pisang juga bermanfaat sebagai pendorong kegiatan regenerasi sel di dalam tubuh dan juga merawat kesehatan sistem saraf. Fakta lainnya, pisang juga kaya akan vitamin B, vitamin yang hilang ketika tubuh dilanda stres dan depresi. ** Baca juga: Jangan Abaikan Tanda Anda Keracunan Makanan

Makanan yang mudah didapat, bukan? (ilj/bbs)

Berita Terbaru