oleh

Minggu Besok, KPU Tangsel Distribusikan Surat Suara

Kabar6-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menyelesaikan penyortiran kertas surat suara yang rusak.

 

 

Kini logistik pemilihan pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota siap didistribusikan ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk selanjutnya disebar ke 2.245 Tempat Pemungutan Suara.

 

Divisi Pokja Logistik dan Umum, Sam’ani, mengatakan dalam waktu dekat lembaga akan mengundang lembaga pengawas pemilu dan aparat TNI/Polri.

 

Pertemuan tersebut untuk membahas pengamanan selama proses distribusi hingga dipakai saat pencoblosan Pilkada serentak 9 Desember 2015 besok.

 

“Rencananya rapat koordinasi pengamanan surat suara besok,” kata Sam’ani kepada wartawan di Serpong, Kamis (3/12/2015).

 

Sebelumnya ia menginformasikan kepada kabar6.com, diketahui jumlah kertas surat suara yang rusak ada sebanyak 422 lembar.

 

Mayoritas rusak karena sobek, pemotongan tidak sempurna, dan ada noda tinta pada saat proses pencetakan oleh pihak ketiga yang ditunjuk dalam pengadaan logistik.

 

Namun, setelah dilakukan pencermatan ulang dapat diketahui bahwa surat suara yang rusak jumlahnya bertambah. Meski begitu, terang Samani, KPU Kota Tangsel memprediksi bahwa kebutuhan kertas suara tercukupi.

 

“Setelah disortir dan hitung total surat suara yang rusak ada 438 lembar. Alhamdulillah semua cukup, tidak ada kekurangan atau lebih, semua surat suara buat penyoblosan ada 938.235 lembar,” terangnya.

 

Samani menambahkan, rencananya dijadwalkan pada Minggu (6/12/2015) besok seluruh logistik penyoblosan mulai disebar ke masing-masing PKK. Ia memastikan tidak tersedia atau ada surat suara cadangan.

 

Berkaitan dengan 438 lembar surat suara yang dinyatakan rusak telah dibuatkan berita acara. Selanjutnya dengan disaksikan langsung oleh Panwaslu Kota Tangsel dan aparat Kepolisian barang milik negara itu segera dimusnakan dengan cara dibakar. ** Baca juga: Acara Debat Kandidat Pilkada Tangsel Diperketat

 

“Tidak ada surat suara cadangan. Bahkan jika nanti ada surat suara lebih, kita buatkan BAP disaksikan Panwas dan Kepolisian untuk selanjutnya kita musnahkan,” tandasnya.(yud)

Berita Terbaru