oleh

Mie Kangkung Si Jangkung, SBY Juga Suka

Kabar6-Mie ayam bagi lidah para pecinta kuliner tentunya sudah tak asing lagi. Termasuk citarasa Mie Kangkung si Jangkung yang telah menjadi legenda di Kampoeng Pecinan, Glodok, tempat muasalnya hidangan tersebut muncul di industri kuliner.

“Kuatnya di kuah mas mie ini,” ungkap Yaman Ritanto, pelayan Bakmie Kangkung Si Jangkung, yang ditemui kabar6.com di Living World Alam Sutera, Serpong Utara, Minggu (27/1/2013).

Rasa mienya sangat kenyal terasa buatan empunya sendiri. Sedangkan bila pada umumnya sayur yang dihidangkan menggunakan sawi, Bakmie ini kangkungnya segar ditambah irisan daging ayamnya yang lembut sekali.

Plus ditambah udang langsung kebayang segarnya kuah Bakmie Kangkung dengan wangi jeruk purutnya. Porsinya cukup besar, jadi jangan khawatir. Bisa bikin perut kita kenyang sekali.

“Presiden (SBY) aja sering makan mie kangkung ini. Kalo anak-anaknya rayain ulang tahun apalagi,” klaim pria yang sudah bekerja selama 10 tahun terakhir ini.

Menurut sejarahnya, Bakmi Kangkung Si Jangkung bermula dari sebuah gerobak pikul kecil yang pemiliknya berkeliling setiap hari. Kemudian memiliki sebuah kios mungil dibelakang gedung Gloria, Jakarta Barat.

Bakmie Kangkung Si Jangkung menyuguhkan mie yang sudah diturunkan ke generasi ke-4. Hingga saat. Ini kuliner tersebut tidak hanya hadir di kawasan Glodok saja. Melainkan sudah dapat ditemui di beberapa pusat perbelanjaan bergengsi.

“Bedanya Mie Kangkung Si Jangkung memang di kuahnya. Terasa kental kaldu ayamnya. Mie biasa vetsinnya lebih terasa, tapi kalo mie kangkung ini kuahnya benar terasa beda,” terang Lia, warga Ciputat, yang ditemui usai menyantap hidangan tersebut. (yud)

Berita Terbaru