oleh

Mewah, 5 Pertunjukan Kembang Api Termahal di Dunia

Kabar6-Kembang api merupakan salah satu pertunjukan yang paling ditunggu-tunggu untuk memeriahkan sebuah perayaan besar. Karena itulah, tidak heran jika banyak negara di seluruh dunia yang berlomba-lomba untuk mengadakan pertunjukan kembang api semegah dan semenarik mungkin.

Dalam catatan sejarah, melansir indonesiatatler, ada lima pertunjukan kembang api yang disebut termahal di dunia. Di negara mana sajakah itu?

1. New York, Amerika Serikat
New York disebut menghabiskan biaya sekira Rp83 miliar untuk mengadakan pertunjukan kembang api tiap tahunnya. Pertunjukan kembang api ini diadakan di langit Manhattan dan telah sukses menarik perhatian banyak orang.

2. Dubai, UEA
Dikenal sebagai penyelenggara pertunjukan kembang api termegah dan terbesar dengan ribuan kembang api per detik pada 2014 silam, Dubai menghabiskan biaya sekira Rp83 miliar. ** Baca juga: Peramal Baba Vanga yang Dijuluki ‘Nostradamus dari Balkan’ Prediksi Kejadian Sepanjang 2021

3. Sydney, Australia
Sydney memiliki anggaran yang tidak sedikit untuk mengadakan pertunjukan kembang api tiap tahunnya. Bahkan, belum lama ini Sydney mengeluarkan dana sebesar Rp90 miliar dalam pertunjukan kembang api untuk menyambut 2020.

4. Kuwait, Timur Tengah
Kuwait pernah mengadakan pertunjukan kembang api dengan biaya yang mencapai Rp208 miliar. Pertunjukan kembang api yang berlangsung selama satu jam dengan menembakkan 77,282 shell ini sukses ditonton banyak orang, dan dikenang sebagai salah satu pertunjukan kembang api terbesar dan termahal di dunia.

5. Abu Dhabi, UEA
Pada 2009 lalu, Abu Dhabi sukses mengadakan pertunjukan kembang api megah yang menghabiskan biaya sebesar Rp287 miliar. Meski tidak lagi menjadi yang terbesar, pertunjukan kembang api ini tetap menjadi pemecah rekor pertunjukan kembang api termahal di dunia.

Luar biasa.(ilj/bbs)

Berita Terbaru