oleh

Meskipun Terlihat Sepele, Jangan Remehkan Kebersihan Handuk Mandi

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Berapa kali Anda mengganti handuk mandi dalam seminggu? Kapan terakhir kali Anda mencuci handuk mandi? Meskipun terlihat sepele, mengabaikan kebersihan handuk sama artinya dengan membiarkan kuman yang bersarang di dalamnya. Bagaimana cara tepat menghindari penyakit kulit akibat kuman yang bersarang pada handuk mandi? Dikutip dari Vebma, berikut uraiannya:

1. Jemur handuk setiapkali usai digunakan agar tidak lembap. Handuk yang lembap akan menjadi sarang atau tempat berkembang biak bakteri

2. Rutin mencuci handuk, terlebih jika sudah berbau. Hindari jemur handuk dalam kamar mandi, karena merupakan tempat yang cukup lembap, sehingga bisa jadi justru bakteri yang ada pada handuk akan semakin berkembangbiak dengan baik.

3. Bedakan antara handuk yang hanya untuk rambut dan tubuh. Hal ini merupakan cara paling tepat untuk mengurangi berkembangnya microorganisme jahat yang ada di badan agar tidak bercampur dengan bagian rambut.

4. Menjemur handuk di bawah sinar matahari secara otomatis akan membuat bakteri dalam handuk akan berkurang, karena suhu yang ada pada handuk tidak lembap lagi. Usahakan proses pencucian menggunakan suhu kurang lebih 60° Celsius agar bisa membunuh kuman yang ada pada handuk.

5. Jangan pernah meminjamkan atau meminjam handuk pada orang lain, untuk menghindari penularan penyakit kulit. ** Baca juga: Sering Marah Tanpa Alasan, Mungkin Ini Penyebabnya

Perlakukan handuk sebagian bagian dari barang pribadi yang tidak boleh digunakan oleh orang lain, alias hanya untuk Anda.(ilj/bbs)

Berita Terbaru